Baru Diresmikan, Kereta Cepat Buatan India Mogok, Kenapa?
TEMPO.CO | 17/02/2019 12:25
Kereta semi-cepat India bernama Vande Bharat Express mogok pada Sabtu, 16 Februari 2019 setelah seekor sapi mengganggu jalan kereta. Sumber: ndtv.com
Kereta semi-cepat India bernama Vande Bharat Express mogok pada Sabtu, 16 Februari 2019 setelah seekor sapi mengganggu jalan kereta. Sumber: ndtv.com

TEMPO.CO, Jakarta - Kereta semi-cepat India bernama Vande Bharat Express mogok pada Sabtu, 16 Februari 2019 setelah seekor sapi mengganggu jalur kereta. Kondisi ini sebuah ironis mengingat kejadian ini berselang sehari setelah kereta semi-cepat India dilepas secara resmi oleh Perdana Menteri India Narendra Modi.

Vande Bharat Express adalah kereta semi-cepat buatan India yang dirakit di bawah pemerintahan Modi. Kereta ini pertama kali melakukan perjalanannya pada Jumat, 15 Februari 2019 dengan rute ibu kota New Delhi ke kota Varanasi. Indian Railways mengatakan dalam perjalanan pulang ke New Delhi pada keesokan harinya, kereta ini diganggu oleh seekor sapi yang mengacaukan suplai listrik ke kereta dan merusak sistem rem kereta itu.

"Kereta mengalami kendala teknis dan mogok dalam perjalanan ke New Delhi," kata Juru bicara Indian Railways, Smita Vats Sharma, seperti dikutip dari english.alarabiya.net, Minggu, 17 Februari 2019.

Baca: India Buat Rumah Khusus Lansia dan Sapi Terlantar

Baca: Ada Ritual Diinjak Rombongan Sapi di India, seperti Apa?


Meski mengalami kendala teknis, namun kereta Vande Bharat Express pada akhirnya bisa tiba dengan selamat di New Delhi pada Minggu, 17 Februari 2019.

Gangguan di jalan dan jalur kereta api di India telah menjadi hal yang umum, khususnya di negara bagian Uttar Pradesh, sebuah wilayah dimana kereta mogok Sabtu kemarin. Pemerintahan Modi telah meluncurkan sebuah kampanye menyembelih sapi mengingat populasi sapi sudah membludak, namun hal ini masih menjadi kontroversi karena sapi dianggap sebagai hewan suci bagi umat Hindu.

India masih tertatih dalam meningkatkan sistem perkereta apiannya, dimana rel-rel kereta api mulai retak dan kuno karena peninggalan zaman penjajahan. India membutuhkan kereta untuk mengantarkan 23 juta penumpang setiap harinya.

Kereta Vande Bharat Express dibuat secara lokal dengan kecepatan 180 kilometer per jam. Otoritas Indian Railways mengatakan kereta ini diharapkan bisa mengurangi waktu tempuh perjalanan antar dua kota dari 14 jam menjadi 8 jam.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT