Bersaing ke DPRD DKI: PKS-Gerindra Sengit, PSI Balas Disalip
TEMPO.CO | 04/05/2019 06:46
Ilustrasi rapat paripurna DPRD DKI Jakarta. Tempo/Lani Diana
Ilustrasi rapat paripurna DPRD DKI Jakarta. Tempo/Lani Diana

TEMPO.CO, Jakarta - Per Sabtu pagi 4 Mei 2019, dalam hasil penghitungan sementara KPU untuk Pemilihan Legislatif menuju DPRD DKI, perolehan suara PKS dan Gerindra kembali setara. PKS, mengklaim karena program kampanye, sempat melesat sebagai nomor dua tertinggi di bawah PDIP pada awal masa perhitungan sebelum kemudian disalip tipis Gerindra beberapa hari lalu.

Baca berita sebelumnya:
Kejar-kejaran Suara di DPRD DKI: Gerindra dan PSI Menyalip?

Hingga pagi ini laman pemilu2019.kpu.go.id mencatat progres penghitungan sebesar 8,7 persen atau 2.531 dari 29.063 TPS yang ada di seluruh Jakarta dalam pemilu lalu. PDIP belum goyah dengan perolehan suara terbanyak yakni 19,06 persen.

Partai banteng terus dibayangi Gerindra dan PKS dalam persaingan mengeruk kursi terbanyak di DPRD DKI. Hingga Sabtu pukul 6.27 WIB perolehan suara keduanya sebesar 17,37 dan 17,34 persen. Keduanya dalam pilpres yang baru lalu juga berada satu kubu sebagai pengusung capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandi.

Sementara di bawah mereka, klasemen juga masih labil. Per pagi ini, waktu yang sama, Demokrat merebut kembali posisinya dari PSI. Di kluster ini PAN masih unggul dengan 6,28 persen lalu Demokrat 5,93 persen dan PSI 5,88 persen.

Baca:
PDIP Loloskan Tina Toon dan Eks Staf Ahok ke DPRD DKI

Ketiganya diikuti Nasdem, Golkar, dan PKB dengan selisih yang juga tidak terlalu jauh. Ketiganya mencatat perolehan 5,72 persen suara, 5,51 persen, dan 5,38 persen. Setelah mereka ada partai lainnya seperti PPP dan Perindo yang masih cukup berjarak dalam persaingan ke DPRD DKI.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT