Pernah Dipuji Atasi Banjir, Ini Duka Ahok untuk Sutopo BNPB
TEMPO.CO | 08/07/2019 20:52
Plt Gubenur DKI Jakarta, Basuki Thahja Purnama meninjau proyek normalisasi kali Ciliwung tahap satu di Jatinegara Barat, 18 November 2014. Kunjungan Ahok tersebut untuk melihat kesiapan dalam menghadapi musim hujan dan bencana banjir. TEMPO/Dasril Roszand
Plt Gubenur DKI Jakarta, Basuki Thahja Purnama meninjau proyek normalisasi kali Ciliwung tahap satu di Jatinegara Barat, 18 November 2014. Kunjungan Ahok tersebut untuk melihat kesiapan dalam menghadapi musim hujan dan bencana banjir. TEMPO/Dasril Roszandi

TEMPO.CO, Jakarta - Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok turut mengucapkan selamat jalan kepada Sutopo Purwo Nugroho yang meninggal pada Minggu dinihari 7 Juli 2019. Sutopo dikenal tetap aktif sebagai Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meski sakit kanker paru.

Baca: Heboh Ahok Muncul di Stasiun MRT, Netizen: Kangeen

Ahok menyampaikan duka cita lewat akun twitter @basuki_btp. Dia menulis Sutopo sebagai seorang pejuang yang tangguh dan sangat berdedikasi. "Terima kasih untuk semua pelajaran dan sumbangsihnya selama ini. Saatnya istirahat yang tenang," cuitnya kepada @sutopo_PN.

Unggahan ucapan belasungkawa Ahok disukai ribuan netizen dan mengundang sejumlah komentar. Di antaranya dari @SahabatPancasi1 yang mengingatkan komunikasi sebelumnya dari Sutopo kepada Ahok juga lewat media sosial yang sama.

Dia mengungkap kalau Sutopo pernah memuji Ahok terkait penanggulangan banjir Jakarta. Pujian disampaikan bersama ucapan selamat ulang tahun Ahok ke-51 pada 2017 lalu. #HBDAhok51 Selamat ultah ke 51 Pak Ahok. Ini salah satu karyamu membenahi Ciliwung dan Waduk Pluit dengan lebih baik,” tulis Sutopo di akun @sutopo_BNPB.

Akun itu menyertakan perbandingan foto citra satelit Waduk Pluit dan Sungai Ciliwung 2012 dan 2016 sebagai kado ulang tahun. Ahok menjadi Wagub Jakarta sejak 2012 dan menjadi Gubernur Jakarta 2014-2017. "Waduk Pluit sudah berhasil kau tata dengan baik. Semoga prestasimu bisa dilanjutkan gubernur baru," tulis Sutopo saat itu.

Baca: BNPB: Normalisasi Sungai Membuat Banjir Jakarta Menurun

Sutopo Purwo Nugroho meninggal di rumah sakit di Guangzhou, Cina. Kepergiannya disambut duka yang sangat dalam. Dia mendapat penghormatan dengan pemakaman semi militer pada Senin 8 Juli 2019, dan sejumlah besar karangan bunga mengalir ke rumah duka di Depok, Jawa Barat, termasuk dari Presiden Joko Widodo.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT