Sopir Setya Novanto Hilman Wajib Lapor Hingga Berkas Lengkap
TEMPO.CO | 23/11/2017 13:46
Sopir Setya Novanto Hilman Wajib Lapor Hingga Berkas Lengkap
Hilman Mattauch (sebelah Setya Novanto) dan Ketua DPR, Setya Novanto dalam peresmian areal parkir motor baru di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Selatan, 6 Februari 2015. Hilman Mattauch, wartawan lepas atau stringer Metro TV yang dilaporkan bersama Setya Novanto saat mengalami kecelakaan pada Kamis (16/11) malam di kawasan Permata Hijau. TEMPO/Dhemas Reviyanto

TEMPO.CO, Jakarta - Kontributor MetroTV yang menjadi "sopir" Setya Novanto dalam  kecelakaan pada Kamis malam lalu, Hilman Mattauch, dikenakan wajib lapor ke Polda Metro Jaya. Hilman yang ditetapkan sebagai tersangka dalam kecelakaan tunggal itu Kamis siang datang ke Polda Metro Jaya guna melaksanakan wajib lapor.

"Satu minggu dua kali," kata Kepala sub Direktorat Pembidanaan dan Penegakan Hukum, Ajun Komisaris Besar Budiyanto, di kantornya, Kamis 23 November 2017.

Alasan polisi mewajibkan dua kali dalam satu minggu Hilman lapor ke Polda, kata Budiyanto sebagai bentuk pengawasan. "Apabila penyidik akan meminta keterangan tambahan akan lebih mudah," ujarnya.

Baca: Sopir Setya Novanto Hilman Mattauch Dua Kali Dipecat Metro TV

Hilman wajib datang ke Polda hingga seluruh berkas dinyatakan lengkap oleh penyidik. "Sampai berkas kita kirim ke kejaksaan," ucapnya.

Mantan wantawan Metro TV ini sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus kecelakaan lalu lintas yang membuat kepala Ketua DPR Setya Novanto benjol. Surat penetapan tersangka terhadap Hilman dikeluarkan oleh Subdirektorat Penegakkan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya pada 17 November 2017.

Hari ini, Direktur Lalu Lintas Kepolisian Daerah Metro Jaya Komisaris Besar Halim Pagarra mengatakan dia bersama empat orang penyidik lainnya akan mendatangi rumah tahanan kelas I Komisi Pemberantasan Korupsi guna memintai keterangan tersangka kasus korupsi e-ktp Setya Novanto pada kecelakaan mobil yang menimpa dirinya.


BERITA TERKAIT