Disindir Jokowi Karena Tak Datang Rayakan Imlek, Ahok: Rapat
TEMPO.CO | 31/01/2020 22:06
Presiden Joko Widodo atau Jokowi, didampingi Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok saat meresmikan program mandatori penggunaan B30 di SPBU Pertamina MT Haryono, Jakarta, Senin 23 Desember 2019. Jokowi juga meminta menteri-menteri ter
Presiden Joko Widodo atau Jokowi, didampingi Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok saat meresmikan program mandatori penggunaan B30 di SPBU Pertamina MT Haryono, Jakarta, Senin 23 Desember 2019. Jokowi juga meminta menteri-menteri terkait dan Pertamina untuk menyiapkan penerapan B40 dan B50 beberapa waktu ke depan. TEMPO/Subekti.

TEMPO.CO, Jakarta - Komisaris Utama PT Pertamina Persero Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengkonfirmasi ketidakhadirannya dalam acara Perayaan Imlek Nasional 2020 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD di Kota Tangerang pada Kamis, 30 Januari 2020 lalu. Ahok mengatakan saat itu dia rapat penting.

"Setiap Kamis ada rapat Dewan Komisaris dan Dewan Komisi (Pertamina)," tuturnya saat ditemui di kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jumat, 31 Januari 2020.

Ahok mengatakan tak mungkin menghadiri perayaan Imlek pada saat jam kerja. Apalagi perayaan tersebut digelar pada pukul 09.00 WIB alias bentrok dengan waktu rapatnya.

Presiden Joko Widodo alias Jokowi sebelumnya menyindir Ahok yang tidak datang di acara tersebut. "Pak Ahok teman baik saya, tapi dia ndak datang. Setelah jadi komisaris utama, ndak datang," ujar Jokowi sambil tersenyum dan menggeleng-gelengkan kepalanya.

Dalam acara itu, hadir pula Nathania Purnama, putri Ahok. Ia datang sebagai penampil biola.

Seusai menyindir Ahok dan menyapa Nia, Jokowi melanjutkan pidatonya. Dengan gaya santai, ia mengajak audiens bermain kuis. Dua orang undangan dipanggil maju ke panggung untuk bermain kuis dengan Jokowi. Mereka adalah atlet bulutangkis Susi Susanti dan seorang undangan berwajah mirip Ahok.

Ketika pria itu maju di atas panggung, Jokowi terkejut karena pria mirip Ahok itu ternyata memiliki nama yang mirip dengan dirinya. "Lah ini gimana muka mirip Pak Ahok, namanya Joko. Coba lihat KTP-nya," ujar Jokowi setengah tak percaya.

Pria itu kemudian mengeluarkan KTP dan memberikannya kepada Jokowi. "Oh iya, Ang Joko namanya," ujar Jokowi.

FRANCISCA CHRISTY ROSANA | DEWI NURITA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT