Angkat 3 Komisaris Baru, Bank Jateng Janji Mudahkan Kredit UMKM
TEMPO.CO | 02/02/2020 11:36
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat mengunjungi Tokopedia.
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat mengunjungi Tokopedia.

TEMPO.CO, Semarang - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah (Bank Jateng) mengangkat tiga komisaris baru. Adapun tiga komisaris baru yang ditunjuk yakni Edhi Chrystanto, Wawan Siswantoro, dan Darsono.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengharapkan Bank Jateng menerbitkan kebijakan kredit ringan, untuk mendukung target pemerintah mengejar pertumbuhan ekonomi 7 persen pada 2023 mendatang. Ia juga meminta Bank Jateng memfasilitasi industri mikro kecil dan menengah (UMKM) termasuk industri kreatif. 

"Kalau kredit-kredit umum kan mereka [Bank Jateng] sudah ahlinya. Sekarang kita akan mengembangkan yang kecil menjadi besar, startup bisnis," kata Ganjar dalam pelantikan Dewan Komisaris Bank Jateng di Semarang, Jumat 31 Januari 2020.

Ganjar juga meminta perbankan termasuk Bank Jateng untuk melakukan sejumlah terobosan dan jemput bola misalnya dengan membuka konsultasi bisnis.

Menurut Ganjar Pranowo, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengharapkan Jateng menjadi salah satu provinsi yang tumbuh 7 persen. Untuk mengejar target tersebut saat ini, Jateng kini membuka keran seluas-luasnya bagi investasi.

Data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BPKM) menunjukkan realisasi investasi Jawa Tengah mencapai Rp59,5 triliun pada 2019. Jumlah ini naik tipis dibandingkan realisasi tahun 2018 yang sebesar Rp 59,3 triliun. Kendati tumbuh tipis, kinerja investasi Jateng tetap berada di urutan ketiga setelah Jawa Barat yang mencapai Rp 137,5 triliun dan DKI Jakarta yang mencapai Rp 123,9 triliun.

Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno berjanji akan melakukan berbagai terobosan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Jateng. Apalagi dengan pelantikan komisaris baru, dia berharap hal ini akan semakin memacu kinerja perseroan. "Kami harap tambah bagus lagi, untuk mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi di Jateng," ungkapnya.

Supriyatno menambahkan bahwa Bank Jateng akan berfokus pada pendampingan UMKM sampai ke tingkat perekonomian yang komersial dan produktif. Kendati tak mudah, hal ini bisa terealisasi dengan dikungan semua stakeholder.

 

 

REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT