Google Batalkan Acara Tahunan Karena Virus Corona
TEMPO.CO | 04/03/2020 09:16
Ilustrasi Uni Eropa dan Google. KnowTechie
Ilustrasi Uni Eropa dan Google. KnowTechie

TEMPO.CO, Jakarta - Perusahaan raksasa teknologi Google membatalkan salah satu acara tahunan terbesarnya, yakni konferensi pengembang perangkat lunak bernama I/O karena kekhawatiran tentang wabah virus corona.

Rencananya I/O 2020 akan digelar di Mountain View, California pada 12-14 Mei 2020. Konferensi tahunan ini menampilkan beragam kegiatan tentang produk dan platform pengembang Google yang menarik ribuan peserta setiap kali diadakan.

“Karena kekhawatiran seputar virus coroba baru dan sesuai dengan panduan kesehatan dari CDC (Centers for Disease Control) dan WHO (World Health Organization), kami memutuskan akan membatalkan acara Google I/O fisik di Amphitheatre Shoreline,” kata Gooogle dalam sebuah pernyataan.

“Selama beberapa minggu mendatang, kami akan mencari cara lain untuk mengembangkan Google I/O agar tetap terhubung dengan komunitas pengembang kami,” tulis pernyataan tersebut.

Terkait pembatalan ini, perusahaan mengatakan semua peserta yang telah membeli tiket ke I/O 2020 akan menerima pengembalian dana penuh pada 13 Maret 2020. Tiket acara untuk kegiatan ini senilai US$ 375 untuk peserta akademik dan US$ 1.150 untuk peserta umum.

Pada awal pekan ini, Google juga mengumumkan pembatal konferensi Google Cloud Next secara langsung yang telah dijadwalkan berlangsung di san Francisco pada 6-8 April karena alasan yang serupa. Perusahaan akan menyelenggarakan acara secara online.

Acara teknologi lainnya yang telah dibatalkan atau ditunda karena virus corona adalah Facebook F8 Developer Conference, Game Developer Conference (GDC), dan Mobile World Congress (MWC).

Perusahaan seperti Facebook dan Twitter juga batal mengikuti South by Southwest atau SXSW Conference & Festival yang digelar di Austin, Texas pada13-20 Maret 2020. Penyelenggara memastikan bahwa acara ini akan tetap berlangsung sesuai rencana.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT