Pesawat TNI AU yang Ambil Alkes di Cina Sudah Tiba di Indonesia
TEMPO.CO | 22/03/2020 20:44
Personel TNI Angkatan Udara dengan menggunakan alat berat menurunkan bahan material yang akan digunakan untuk pembangunan rumah sakit khusus Corona (COVID-19) dari pesawat Hercules C-130 di Bandara Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau, Kamis, 12 Maret 2020. S
Personel TNI Angkatan Udara dengan menggunakan alat berat menurunkan bahan material yang akan digunakan untuk pembangunan rumah sakit khusus Corona (COVID-19) dari pesawat Hercules C-130 di Bandara Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau, Kamis, 12 Maret 2020. Sejumlah bahan material untuk pembangunan RS Khusus Corona di Pulau Galang yang diangkut pesawat TNI Angkatan Udara Hercules C-130 Skadron 32 Lanud Abdul Rachman Saleh dari Bandara Halim Perdana Kusuma tiba di Bandara Hang Nadim. ANTARA/M N Kanwa

TEMPO.CO, Jakarta - Pesawat TNI C-130 Hercules yang membawa alat kesehatan untuk mengantisipasi Corona dari Shanghai, Cina, telah tiba di Pangkalan Udara atau Lanud Sadjad, Natuna, Indonesia. Pesawat tersebut akan terbang dari Natuna menuju Jakarta dan mendarat di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Senin, 23 Maret 2020.

Keberangkatan pesawat Hercules milik TNI AU tersebut, sesuai dengan permintaan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kepada Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk mengambil alat-alat kesehatan tersebut.

Adapun alat-alat kesehatan tersebut berupa disposable masks, n95 masks, protective clothing, goggles, gloves, shoe covers, infrared thermometer, dan surgical caps. Peralatan kesehatan tersebut merupakan hasil kerja sama antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Cina.

Pesawat TNI C-130 Hercules ini berangkat pada Sabtu, 21 Maret 2020 dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Abdulrachman Saleh, Malang ke Bandara Pudong Shanghai, Cina.

Penerbangan misi kemanusiaan tersebut melakukan dua kali short stop (transit) yaitu di Lanud Sadjad Natuna dan Bandara Sanya di Hainan untuk mengisi bahan bakar. Ada 18 orang kru pesawat yang dipimpin oleh Letnan Kolonel Pnb Suryo yang mengenakan alat pelindung diri (APD).

 

 

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT