Menkominfo Sebut 6 Startup Ini Sediakan Layanan Dukung WFH
TEMPO.CO | 23/03/2020 18:42
Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi (kiri), Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate sedang berbincang di kediamanan Menkominfo dalam perayaan natal 2019 di Pondok Labu, Cilandak, Jakarta, Rabu, 25 Desember 2019.  TEMPO/Ahmad Tri Hawaari
Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi (kiri), Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate sedang berbincang di kediamanan Menkominfo dalam perayaan natal 2019 di Pondok Labu, Cilandak, Jakarta, Rabu, 25 Desember 2019. TEMPO/Ahmad Tri Hawaari

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika atau Menkominfo Johnny G. Plate mengharapkan kepada seluruh operator telekomunikasi dan penyedia layanan akses internet untuk bisa memperluas jangkauan layanan internet gratisnya.

"Fasilitas paket data dan layanan gratis kepada mahasiswa pada banyak perguruan tinggi dengan harapan dapat diperluas untuk melayani para siswa lainnya di sekolah-sekolah menengah," kata Johnny melalui siaran langsung Kementerian Komunikasi dan Informatika, Senin 23 Maret 2020.

Johnny juga meminta agar fasilitas layanan internet yang memudahkan distance learning dapat diberikan dalam bentuk paket-paket gratis yang lebih luas.
"Tidak saja ke banyak perguruan tinggi akan tetapi juga kepada sekolah menengah yang juga membutuhkan sekali dalam rangka belajar dari rumah," ungkapnya.

Dia juga mengajak penyelenggara telekomunikasi, operator seluler dan internet service provider untuk memastikan tersedianya bandwith yang cukup dan layanan telekomunikasi yang memadai sebagaimana biasanya.

Johnny pun tak lupa mengapresiasi seluruh platform digital yang mendukung kebijakan dan bekerja dan belajar dari rumah serta kampanye gerakan sosial atau Physical Distancing.

"Gojek dan Halodoc yang telah memberikan dukungan fasilitas untuk pemantauan dan pengecekan kesehatan dari rumah. Bukalapak, Tokopedia, serta Gojek dan Grab yang membuka peluang untuk bekerja dari rumah. Serta Ruangguru yang memfasilitasi proses belajar dari rumah," ucapnya.

Johnny juga mengapresiasi seluruh operator telekomunikasi dan Penyedia Akses Internet (ISP) yang telah memberikan kontribusi sangat besar dalam menyediakan akses gratis untuk mendukung penanganan Covid-19 secara interaktif.

"Secara khusus juga ingin kami sampaikan bahwa kepada seluruh penyelenggara telekomunikasi atau operator seluler, internet service provider untuk menjaga kapasitas layanan dengan menyediakan bandwith yang cukup dan menjaga kualitas layanan atau Quality of Services," ujar Menkominfo.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT