Psikologi Untar Buka Konseling Gratis Bagi Tenaga Medis Corona
TEMPO.CO | 08/04/2020 17:33
Sejumlah petugas medis berada di salah satu hotel milik BUMD DKI, yang ditunjuk menjadi tempat tinggal tim medis yang bertugas dalam penanggulangan wabah Virus Corona. Hari ini terdapat 138 tenaga medis dari RSUD Tarakan dan RSUD Pasar Minggu mulai menemp
Sejumlah petugas medis berada di salah satu hotel milik BUMD DKI, yang ditunjuk menjadi tempat tinggal tim medis yang bertugas dalam penanggulangan wabah Virus Corona. Hari ini terdapat 138 tenaga medis dari RSUD Tarakan dan RSUD Pasar Minggu mulai menempati hotel Grand Cempaka Business di Jalan Letjen Suprapto, Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Dok Humas Pemprov DKI

TEMPO.CO, Jakarta - Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara (Untar) memberikan layanan konseling online gratis bagi tenaga medis corona dan keluarganya. Layanan ini juga diberikan bagi seluruh sivitas akademika kampus tersebut.

"Layanan ini disasar kepada tenaga medis seperti dokter, paramedik, dan staf yang bekerja di rumah sakit, yang merupakan garda terdepan dalam penanganan kasus COVID-19," kata Dekan Fakultas Psikologi Untar, Dr Rostiana SPsi MSi Psikolog, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu 8 April 2020.

Rostiana mengatakan layanan ini juga terbuka untuk keluarga para tenaga medis. "Karena banyak tenaga medis yang harus meninggalkan keluarga," ujarnya.

Layanan konseling tersebut akan ditangani para psikolog berizin praktik yang terdiri atas dosen dan lulusan program profesi psikologi Untar.

Selama masa tanggap darurat COVID-19, kata dia, sebagian masyarakat mengalami kondisi penuh tekanan. Kondisi itu dialami para pemberi layanan kesehatan termasuk tenaga medis dan paramedis, yang menghadapi risiko tinggi terpapar COVID-19 dan harus terpisah dari keluarga tercinta selama bertugas.

"Layanan juga dibuka untuk rekan-rekan Untar, baik itu dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, dan seluruh karyawan yang bekerja di Untar termasuk satpam maupun petugas kebersihan," kata dia.

Rektor Universitas Tarumanagara Prof Dr Ir Agustinus Purna Irawan mengatakan kepedulian terhadap masyarakat yang terdampak secara langsung maupun tidak langsung dari pandemi COVID-19 sangat diperlukan.

"Kontribusi kita sebesar apapun, sangat berharga. Untar sebagai lembaga pendidikan tinggi yang memiliki potensi ikut berkontribusi. Kami juga terpanggil mengadakan layanan konseling secara daring dan tidak berbayar. Ini bagian dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang terus akan dilaksanakan UNTAR, terutama pada masa pandemi ini," kata Agustinus.

Layanan telekonseling bagi tenaga medis corona itu dapat diperoleh dengan cara mengirimkan pesan tertulis kepada administrator, Reza dengan nomor kontak 081294522132, Ikhsan dengan nomor kontak 081398806747 (untuk dosen dan karyawan Untar), dan Novita dengan nomor kontak 08777709719 (untuk mahasiswa Untar). Telekonseling dibuka setiap Senin-Jumat, pukul 09.00-21.00 WIB. Waktu pertemuan dengan psikolog akan ditentukan oleh administrator.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT