BPBD DKI Tetapkan Pintu Air Pasar Ikan Siaga II
TEMPO.CO | 26/04/2020 20:23
Sarana pengendali banjir di Pintu Air Pasar Ikan Sunda Kelapa. TEMPO/ Fransiskus S
Sarana pengendali banjir di Pintu Air Pasar Ikan Sunda Kelapa. TEMPO/ Fransiskus S

TEMPO.CO, Jakarta - Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD DKI menetapkan status pintu air Pasar Ikan siaga II atau waspada setelah tinggi muka air mencapai 205 cm

"Update tinggi muka air pukul 18.00 WIB, siaga II pintu air Pasar Ikan," tulis BPBD dalam akun resmi Twitter-nya, Minggu 26 April 2020.

BPBD mencatat volume air di pintu air Pasar Ikan sudah mulai naik pada pukul 15.00 WIB dengan ketinggian 180cm atau status waspada siaga II. Tinggi muka air terus meningkat hingga 196cm pada pukul 17.00 WIB.

BPDB telah menyebarkan informasi antisipasi ke warga yang akan terdampak rob yaitu Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Ancol, Marunda, Cilincing, Kalibaru dan Kamal.

"Upaya yang telah dilakukan pemberitahuan kepada camat dan lurah melalui grup WhatsApp kebencanaan," tulis BPDB DKI.

BPBD juga mengumumkan info disaster early warning system kepada warga bantaran sungai, akibat kenaikan pos pantau Angke Hulu. Tinggi muka air di pos Angke Hulu tercatat 170 centimeter dengan status Waspada atau Siaga 3 pada pukul 19.00 WIB.

Cuaca dikabarkan saat ini hujan. Adapun wilayah yang harus melakukan antisipasi banjir adalah Rawa Buaya, Cengkareng Timur, Cengkareng Barat, Kembangan Utara, Kedoya Utara, Duri Kosambi, Kapuk, dan Kedaung Kali Angke.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT