Omnibus Law hingga Perpu Covid-19 akan Dibahas di Rakernas PAN
TEMPO.CO | 03/05/2020 18:52
Viva Yoga Mauladi: Karena Negara Bukan Tukang Palak
Viva Yoga Mauladi: Karena Negara Bukan Tukang Palak

TEMPO.CO, Jakarta -Partai Amanat Nasional akan menggelar rapat kerja nasional (Rakernas) I pada Selasa, 5 Mei 2020 mulai pukul 10.00-15.00 WIB. Rakernas yang berlangsung di tengah pandemi Covid-19 itu akan digelar secara virtual melalui Zoom meeting dan disiarkan di Youtube serta Facebook.

Ketua Steering Committee Rakernas, Viva Yoga Mauladi, mengatakan ada tiga agenda yang akan dibahas. "Pertama, menjabatkan hasil kongres dalam bentuk program kerja pemenangan pemilu," kata Viva dalam keterangan tertulis, Ahad, 3 Mei 2020.

Kedua, rakernas akan merumuskan dan menetapkan kebijakan partai dalam setahun sebagai bagian dari penjabaran hasil kongres. Ketiga, menetapkan perubahan peraturan partai, di antaranya yang terkait dengan perkaderan, permusyawaratan di wilayah, daerah, cabang, dan ranting.

Kemudian peraturan partai tentang hubungan partai dengan kader di lembaga eksekutif dan legislatif, tentang pengelolaan aset partai, tentang rencana program pemenangan pemilu 2024, dan mahkamah partai.

Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno berujar sejumlah isu nasional juga akan dibahas dalam rakernas nanti. Di antaranya yakni omnibus law Rancangan Undang-undang Cipta Kerja dan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara.

"Ini pembahasan yang kami antisipasi akan meramaikan rakernas dan kami buat pandangan resmi terkait isu-isu yang penting agar masyarakat tahu posisi politik PAN terkait isu-isu penting tersebut bagaimana," kata Eddy.

Mengenai Perpu Nomor 1 Tahun 2020, misalnya, Eddy mengatakan partainya mendorong agar segera dibahas di Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat. Ia berujar hal itu demi kepastian hukum terkait stimulus ekonomi dan bantuan pemerintah terkait penanganan pandemi Covid-19.

Menurut Viva Yoga, rakernas akan diikuti 645 orang yang terdiri dari peserta dan peninjau. Mereka terdiri dari unsur Dewan Pimpinan Pusat termasuk Dewan Penasihat, Dewan Kehormatan, Dewan Pakar, dan Mahkamah Partai berjumlah 63 orang; dari unsur Dewan Pimpinan Wilayah sebanyak 68 orang, dan peninjau dari unsur Dewan Pimpinan Daerah berjumlah 514 orang.

Rakernas akan dibuka secara resmi oleh Ketua Umum PAN Zulkifli HAsan. Akan ada pula sambutan dari Ketua Majelis Penasihat Partai DPP PAN Hatta Rajasa dan Ketua Dewan Kehormatan PAN Soetrisno Bachir.

BUDIARTI UTAMI PUTRI


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT