Anies Dukung Anggota The Jakmania Dapat Bansos
TEMPO.CO | 21/05/2020 02:55
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri pelantikan Ahmad Riza Patria sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta sisa masa jabatan 2017-2022 di Istana Negara, Rabu, 15 April 2020. Pool-
Kompas/Wawan H Prabowo
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri pelantikan Ahmad Riza Patria sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta sisa masa jabatan 2017-2022 di Istana Negara, Rabu, 15 April 2020. Pool- Kompas/Wawan H Prabowo

TEMPO.CO, Jakarta - Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan mendukung penyaluran bantuan sosial berupa paket sembako dalam program Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) untuk anggota The JakMania se-Jabodetabek yang terdampak COVID-19.

Hari ini, mantan Direktur Umum Persija, Gede Widiade, mendistribusikan bantuan platform KSBB DKI Jakarta, untuk anggota The Jakmania di Jabodetabek. Bansos disalurkan secara simbolis kepada The Jakmania se-Jabodetabek di Lapangan Bola Aldiron, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu Sore, 20 Mei 2020.

"Saya ingin sampaikan apresiasi pada pak Gede yang telah peduli pada masyarakat Jakarta khususnya pada keluarga besar Jak Mania," kata Anies melalui keterangan tertulisnya.

Menurut mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu, krisis kesehatan saat ini memiliki dampak ekonomi yang dirasakan langsung masyarakat. Sebab, di saat masyarakat harus berada di rumah, kegiatan usaha terhenti, maka pemenuhan kebutuhan pokok menjadi tantangan dalam masa pandemi COVID-19 ini.

Anies berharap masa-masa sulit segera dapat dilewati dan KSBB yang disalurkan kepada Jakmania dapat menjadi salah satu pemersatu masyarakat Jakarta. "Jadi, teman-teman The Jak, tadi disampaikan juga oleh bung Dicky, beliau sudah menyiapkan mekanisme untuk nanti membagikan kepada yang membutuhkan. Dan ini menurut saya yang menarik," ucapnya.

Ketua Umum The Jakmania, Dicky Soemarno mengapresiasi bantuan sosial untuk para anggota the Jakmania yang terdampak secara ekonomi pada masa pandemi COVID-19. Dicky meyakini, masalah ekonomi saat ini akan bisa diselesaikan jika seluruh komponen masyarakat bergandengan tangan bersama dan saling tolong-menolong.

"Ada 62 Korwil. Jadi, masing-masing Korwil memberi daftar anggota resmi dan aktif, rekomendasinya dari sub Korwil masing-masing. Kurang lebih berarti 1 korwil itu 50 paket sembako," ujarnya.

Selain itu, Gede Widiade menyebut, sebagai warga Jakarta, ia merasa memiliki kewajiban dan memberikan bantuan sosial pada masa krisis seperti saat ini. Melalui platform KSBB Pemprov DKI Jakarta, Gede berharap bantuan paket sembako yang diberikannya dapat tersalurkan dengan baik.

"Kami berkolaborasi dengan Pemda DKI. Karena Pemda DKI punya program KSBB, di mana program tersebut saya lihat sangat positif agar lebih terstruktur bagaimana masyarakat yang memiliki sedikit kelebihan dana untuk dikumpulkan, diserahkan kepada DKI. Lalu, Pemprov DKI Jakarta akan menyalurkan kepada orang-orang tertentu yang betul-betul membutuhkan," tutur Gede.

 

IMAM HAMDI


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT