Peziarah Ramaikan TPU Tegal Alur Usai Salat Idul Fitri
TEMPO.CO | 24/05/2020 17:25
Warga berdoa saat melakukan ziarah menjelang Ramadan saat pemberlakuan PSBB untuk menekan penyebaran virus Corona, di TPU Basmol, Jakarta, 12 April 2020. TEMPO/Fajar Januarta
Warga berdoa saat melakukan ziarah menjelang Ramadan saat pemberlakuan PSBB untuk menekan penyebaran virus Corona, di TPU Basmol, Jakarta, 12 April 2020. TEMPO/Fajar Januarta

TEMPO.CO, Jakarta - Tempat Pemakaman Umum atau TPU Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat ramai peziarah di Hari Raya Idul Fitri, Minggu, 24 Mei 2020. Sejak pagi, keberadaan peziarah di hari pertama Lebaran 2020 tampak merata di blok pemakaman umum maupun blok makam khusus pasien Corona.

Protokol kesehatan Covid-19 diberlakukan di kawasan TPU Tegal Alur. Ada pembatas berupa garis polisi yang membedakan blok makam umum dan makam pasien Corona. Para peziarah wajib menggunakan masker dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Selain itu, sebelum masuk dan keluar TPU Tegal Alur, terutama di blok makam pasien Corona, petugas melakukan disinfektan kepada para peziarah. Terik siang menyengat tak menghalangi niat peziarah berdoa di pusara keluarga yang telah wafat, seperti salah satu pengunjung makam, Teguh (30 tahun).

Bersama beberapa anggota keluarganya, Teguh berziarah ke makam ayahnya yang dimakamkan dengan protokol Covid-19 di TPU Tegal Alur. "Yang penting kita tetap ikuti aturan pemerintah, pakai masker dan cuci tangan sehabis berziarah," ujar dia.

Ziarah pun telah menjadi tradisi bagi keluarga Yandri (50). Meski mengaku sedikit takut, tapi rasa tersebut kalah dengan niatnya mendoakan orang tua yang telah wafat.

"Rasa takut pasti ada, tapi namanya ini Lebaran. Kita juga mau berziarah ke makam orang tua, minimal setahun sekali. Yang penting kita pakai masker, cuci tangan dan tidak ajak anak kecil," kata Yandri.



REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT