Kemensos Tebar Lagi Bansos Pandemi Corona di GOR Karet Tengsin
TEMPO.CO | 14/06/2020 07:27
Ilustrasi bantuan paket sembako. ANTARA/Hendra Nurdiyansyah
Ilustrasi bantuan paket sembako. ANTARA/Hendra Nurdiyansyah

TEMPO.CO, Jakarta - Kementerian Sosial menyalurkan bantuan sosial atau bansos untuk warga terdampak virus Corona (Covid-19) di GOR Karet Tengsin, Jakarta Pusat.

Bantuan itu diserahkan Menteri Sosial Juliari P. Batubara didampingi Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Harry Hikmat seperti dalam siaran diterima di Jakarta, Sabtu malam, 13 Juni 2020.

GOR Karet merupakan tempat penampungan sementara bagi warga terlantar akibat Covid-19 khususnya di wilayah DKI Jakarta.

Mensos menyerahkan bansos sembako dan asistensi rehabilitasi sosial kepada sejumlah pihak diantaranya bantuan sembako 2.781 paket untuk Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Balarenik.

Kemudian bantuan sembako untuk warga terdampak yang tinggal di GOR, bantuan sembako untuk Balai “Mulya Jaya” Jakarta sejumlah 242 paket dan asistensi rehabilitasi sosial 385 paket, sementara Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta memberikan bantuan sembako sejumlah 2027 paket dan asistensi rehabilitasi sosial 100 paket.

Mensos menyampaikan apresiasi kepada pemerintah DKI Jakarta khususnya Dinas Sosial dan Walikota Jakarta Pusat atas kerjasama dalam penanganan warga terlantar akibat COVID-19.

“Ini adalah bukti keseriusan pemerintah dalam memberikan layanan pada warga yang terdampak Covid-19, serta menegaskan bahwa negara hadir dalam upaya penanganan pandemi virus Corona khususnya di DKI Jakarta” ujar Juliari.

Mensos berharap kerjasama yang baik selama ini agar tetap dipertahankan, termasuk dalam penyaluran bansos.

Pemprov DKI Jakarta kembali memperpanjang PSBB menjadi masa transisi hingga 18 Juni 2020 sebagai upaya penanggulangan penyebaran wabah virus corona (COVID-19).

Kementerian Sosial melalui Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial melakukan pendekatan-pendekatan yang salah satunya berbasis Tempat Penampungan Sementara.

Pada pendekatan ini, Kemensos bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menyediakan TPS berupa GOR yang berfungsi untuk menampung sementara warga terlantar hasil penertiban Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di jalan/ruang publik.

Di GOR ini, mereka akan didata, dicek kesehatan dan diberi makan yang berasal dari dapur umum. Dapur umum ini dikelola oleh Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kemensos bekerja sama dengan Suku Dinas Sosial setempat. Bagi mereka yang masih memiliki keluarga, akan dipulangkan oleh Kemensos.

ANTARA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT