Sibuk Jaga Keuangan Negara, Bagaimana Sri Mulyani Jaga Kesehatan?
TEMPO.CO | 19/07/2020 05:35
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melakukan senam zumba dalam acara Spectaxcular 2019 yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Ahad, 3 Maret 2019. Tempo/ Caesar Akbar
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melakukan senam zumba dalam acara Spectaxcular 2019 yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Ahad, 3 Maret 2019. Tempo/ Caesar Akbar

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati membagikan kiat-kiat menjaga kesehatan baik fisik maupun pikiran di tengah banyaknya tugas sebagai penjaga keuangan negara dalam kondisi krisis akibat pandemi Covid-19.

“Saya mengelola diri sendiri atau pekerjaan. Dalam mengelola waktu ya kita menggunakannya secara bijaksana dalam tugas yang begitu banyak,” kata Sri Mulyani dalam diskusi daring di Jakarta, Sabtu, 18 Juli 2020.

Dia mengatakan selalu menyediakan waktu sekitar lima sampai enam jam dalam sehari untuk tidur.

Kemudian ia juga rutin berolahraga sebanyak satu hingga tiga kali dalam seminggu untuk menjaga kesehatan fisik. Dia di antaranya melakukan yoga maupun pengaturan pernapasan.

Tak hanya itu, Sri Mulyani sering membaca buku favorit, bermain gitar, bernyanyi, hingga melukis dalam rangka mengelola pikiran dan mengisi waktu luang.

“Saya sudah lama tidak main gitar, jadi saya sekarang bernyanyi sambil main gitar,” ujar dia.

Sri Mulyani menyatakan sering merasa penasaran dengan beberapa kunci gitar lagu-lagu yang sedang populer, seperti milik Didi Kempot hingga lagu anak-anak favorit cucunya.

“Jadi kita bisa bernyanyi dan bermain ketika cucu saya menengok. Itu yang membuat kita rileks,” ujar dia.

Sementara itu Sri Mulyani mengatakan aspek-aspek keindahan turut menjadi kegemarannya dalam mengelola pikiran seperti menikmati embun pagi, melihat matahari tenggelam, hingga memandang bulan purnama.

“Tuhan menciptakan seluruhnya selalu seimbang dan aspek keindahan itu adalah bagian rahmat yang perlu kita syukuri. Itu yang membuat kita tenang,” kata dia.

Ia pun percaya bahwa setiap ujian pasti ada jalan keluar yang dapat ditemukan melalui usaha sekaligus doa termasuk dalam mengatasi dan melewati masa pandemi Covid-19.

“Setiap ujian pasti ada jalan keluar. Ini pasti masih dalam takaran kita, masih bisa kita jalankan dan ikhtiarkan. Pokoknya jangan putus asa,” ujar Sri Mulyani.

ANTARA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT