Besok Jokowi Pergi ke Bandung Tinjau Uji Klinis Vaksin Covid-19
TEMPO.CO | 10/08/2020 17:30
Presiden Jokowi menyampaikan pengarahan saat pemberian bantuan modal kerja di halaman Istana Kepresidenan Bogor, Jumat, 24 Juli 2020. Menyusul kabar Purnomo positif Covid-19, Jokowi dan seluruh perangkat istana akan mempercepat jadwal tes swab rutin. ANTA
Presiden Jokowi menyampaikan pengarahan saat pemberian bantuan modal kerja di halaman Istana Kepresidenan Bogor, Jumat, 24 Juli 2020. Menyusul kabar Purnomo positif Covid-19, Jokowi dan seluruh perangkat istana akan mempercepat jadwal tes swab rutin. ANTARA/Hafidz Mubarak A

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan pergi ke Bandung, Jawa Barat besok, Selasa, 11 Agustus 2020. Dalam agendanya, Jokowi bakal meninjau uji klinis tahap ketiga perdana kandidat vaksin Covid-19.

"Besok Pak Presiden akan menghadiri dan Pak Doni (Kepala BNPB) bersama saya, menyaksikan vaksin perdana di Bandung," kata Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir saat rapat bersama Kadin, Senin, 10 Agustus 2020.

Adapun besok, uji klinis tahap ketiga akan melibatkan 1.620 relawan yang akan diuji coba selama enam bulan dan melihat dari reaksi vaksin tersebut terhadap manusia.

Erick mengatakan, bahwa rencana uji klinis tahap ketiga ini lebih cepat tiga pekan dari perencanaan awal yang akan dilakukan pada September tahun ini. "Ini perjuangan luar biasa profesor dan para dokter, tentu Bio Farma juga tak kalah pentingnya," ucapnya.

Oleh sebab itu, kata Erick, tahapan ini sangat penting karena menjadi salah satu cara untuk bisa menangani pandemi virus Covid-19. Jika uji klinis ini berhasil, Bio Farma sebagai produsen vaksin dalam negeri akan memproduksinya secara besar-besaran pada awal tahun 2021.

Untuk uji klinis vaksin Covid-19 ini, akan dilaksanakan di Pusat Uji Klinis yaitu di Fakultas Kedokteran UNPAD, yang akan mengambil sample sebanyak 1.620 subjek dengan rentang usia antara 18 – 59 tahun, dengan kriteria – kriteria tertentu.

Sedangkan sisa dari vaksin tersebut, akan digunakan untuk uji lab di beberapa lab antara lain di Bio Farma dan Pusat Pengujian Obat Dan Makanan Nasional (PPOMN).

Dalam uji klinis vaksin Covid-19, Bio Farma berperan sebagai sponsor, berkolaborasi dengan berbagai pihak antara lain dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan RI (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan sebagai medical advisor dan pelaksanaan uji titer antibodi netralisasi.

Selain dengan Balitbangkes, Bio Farma bekerja sama dengan BPOM RI sebagai regulator dan FK UNPAD sebagai institusi yang sudah berpengalaman dalam pelaksanaan uji klinis vaksin-vaksin yang beredar di Indonesia. 

EKO WAHYUDI l ANTARA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT