Zulkifli Hasan: Pak Amien Rais Ibarat Pesawat Maju Terus, Tak Ada Rem
TEMPO.CO | 23/08/2020 19:29
Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan memberi sambutan saat acara HUT ke-22 PAN, di DPP PAN, Jakarta, Ahad, 23 Agustus 2020.  ANTARA/Galih Pradipta
Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan memberi sambutan saat acara HUT ke-22 PAN, di DPP PAN, Jakarta, Ahad, 23 Agustus 2020. ANTARA/Galih Pradipta

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan mengucapkan terima kasih kepada poltikus senior PAN Amien Rais dalam pidatonya di acara hari ulang tahun partai ke-22 pada hari ini. Zulkifli juga mendoakan besannya itu agar terus sehat.

"Kita doakan Pak Amien diberikan kesehatan dan kekuatan untuk terus melakukan pengabdian kepada bangsa dan negara," kata Zulkifli dikutip dari siaran Youtube DPP PAN, Ahad, 23 Agustus 2020.

Zulkifli mengatakan PAN dan Amien Rais memiliki tujuan yang sama. Hanya saja, kata dia, cara yang mereka pilih berbeda satu sama lain. Zulkifli mengibaratkan Amien seperti pesawat yang terus maju tanpa rem.

"Pak Amien itu ibaratnya pesawat maju terus, tidak ada gigi, tidak ada rem. Kalau kita ini kan, kadang-kadang perlu gigi mundur dulu, kadang-kadang perlu ngerem dulu, tapi tujuannya sama," kata Zulkifli.

Menurut Zulkifli, Amien Rais dan para tokoh lainnya mendirikan PAN dengan tujuan mulia. Ia berujar, buah perjuangan PAN yang bergulir seiring reformasi pun terasa sampai hari ini.

Karya Amien Rais dan para tokoh PAN, Zulkifli mencontohkan, di antaranya ialah amandemen Undang-undang Dasar 1945 saat Amien menjadi ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat, pemilihan presiden langsung, otonomi daerah, pemisahan TNI dan Polri, hingga kemerdekaan pers.

"Oleh karena itu selama 22 tahun partai kita berdiri kita harus terus melanjutkan perjuangan Pak Amien dan kawan-kawan untuk terus membaktikan diri, memberikan bukti nyata kepada negeri," kata Wakil Ketua MPR ini.

Amien Rais absen dalam perayaan HUT PAN ke-22 hari ini. Ia tak terlihat hadir secara fisik maupun virtual. Hubungan Amien dan Zulkifli Hasan diketahui tak akur terlebih setelah Kongres PAN di Kendari pada medio Februari lalu.

BUDIARTI UTAMI PUTRI


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT