Hartanya Rp 1.000 Triliun, Janda Bos Amazon Jadi Wanita Terkaya
TEMPO.CO | 04/09/2020 08:34
Jeff Bezos dan Mackenzie. REUTERS
Jeff Bezos dan Mackenzie. REUTERS

TEMPO.CO, Jakarta - MacKenzie Scott, bekas istri bos Amazon Jeff Bezos, dinobatkan menjadi wanita terkaya di dunia versi Bloomberg's Billionaire Index. Total kekayaan Scott ditaksir mencapai US$ 68 miliar. Hartanya bersumber dari 4 persen saham di Amazon, yang merupakan harta gono-gini perceraiannya dengan Bezos pada 2019 lalu.

Selain menjadi perempuan terkaya di dunia, Scott juga tercatat di urutan ke-12 dalam jajaran indeks orang terkaya versi Bloomberg ini. Sahamnya di Amazon melonjak dari US$ 2.000 menjadi US$ 3.500 per saham sejak awal tahun 2020.

Setelah perceraiannya pada 2019 lalu, Scott menjadi wanita terkaya keempat di dunia. Tahun lalu, kekayaannya diperkirakan mencapai US$ 36 miliar berdasarkan harga saham Amazon saat itu.

Scott dikenal sebagai seorang yang dermawan. Bulan lalu, ia menyumbangkan US$ 1,7 miliar kekayaannya untuk amal yang mengusung isu kesetaraan ras, hak LGBT, kesehatan masyarakat dan perubahan iklim.

Selain Scott, sang mantan suami Jeff Bezos juga didapuk menjadi orang terkaya di dunia. Pundi-pundi Bezos ditaksir mencapai US$ 205 miliar, yang menjadikannya orang pertama dalam sejarah dengan kekayaan lebih dari US$ 200 miliar.

Scott dan Bezos bercerai setelah 25 tahun menikah. Pasangan ini dikaruniai empat anak.

Perceraiannya dengan Bezos diselesaikan oleh seorang hakim wilayah Seattle. Putusan hakim membuat MacKenzie berhak menerima saham Amazon sekitar 25 persen dari yang dimiliki Bezos atau sebesar 4 persen dari seluruh saham Amazon. Jeff Bezos sendiri memegang 12 persen saham Amazon.

Scott pada pada Mei 2019 berjanji untuk memberikan setengah dari kekayaannya untuk amal dan bergabung dengan "Giving Pledge", yakni sebuah kampanye yang pada 2010 dipelopori oleh miliader Warren Buffett dan salah satu pendiri Microsoft Corp, Bill Gates.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT