Dukung Bobby Nasution dan Gibran Maju Pilkada, Anis Matta Bela Jokowi: Bukan Dinasti Politik
TEMPO.CO | 18/09/2020 10:50
Dukung Bobby Nasution dan Gibran Maju Pilkada, Anis Matta Bela Jokowi: Bukan Dinasti Politik
Inisiator Garbi Anis Matta saat menghadiri dialog kebangsaan di Samarinda, Sabtu, 25 Mei 2019. TEMPO/Sapri Maulana

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat atau Partai Gelora Indonesia, Anis Matta, mengatakan partainya mendukung Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution dalam Pilkada 2020. Gibran maju di Pilkada Solo sedangkan Bobby berlaga di Pilkada Medan. Keduanya merupakan anak dan menantu Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Anis menuturkan pihaknya memberi keleluasaan bagi pengurus di daerah untuk menentukan sikap. "Itu dinamika politik daerah," katanya dalam keterangan tertulis, Jumat, 18 September 2020.

Menurut Anis, semua jabatan publik yang dipilih langsung oleh rakyat pasti memiliki banyak dinamika di lapangan. "Oleh karena itu, sudah sepatutnya para pengurus partai di daerah yang lebih mengetahui dinamika tersebut. Itu prinsip dasar dari kebijakan Gelora dalam Pilkada ini," tuturnya.

Ia berujar, majunya Gibran dan Bobby dalam Pilkada 2020 bukan berarti ada keinginan Jokowi untuk membangun dinasti politik di daerah. Pasalnya setiap warga negara memiliki hak yang sama untuk mengikuti pemilihan secara langsung di Pilkada sesuai aturan yang berlaku.

"Kalau jabatannya 'diwariskan' tanpa pemilihan langsung oleh rakyat baru bisa disebut dinasti," tutur Anis Matta yang juga eks Presiden Partai Keadilan Sejahtera.

AHMAD FAIZ

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT