Operasi Yustisi, 14 Perkantoran di Jaktim DItutup 3 Hari karena Langgar Protokol
TEMPO.CO | 24/09/2020 03:27
Petugas gabungan melakukan pemeriksaan terkait operasi yustisi di Jalan Jatibaru, Jakarta, Senin, 21 September 2020. Pemeriksaan tersebut dalam rangka pembatasan kapasitas angkutan umum menjadi 50 persen untuk mengurangi penyebaran virus covid 19. TEMPO/M
Petugas gabungan melakukan pemeriksaan terkait operasi yustisi di Jalan Jatibaru, Jakarta, Senin, 21 September 2020. Pemeriksaan tersebut dalam rangka pembatasan kapasitas angkutan umum menjadi 50 persen untuk mengurangi penyebaran virus covid 19. TEMPO/Muhammad Hidayat

TEMPO.CO, JAKARTA- Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta Timur Budhy Novian mengatakan selama 9 hari Operasi Yustisi ada 14 perkantoran yang dikenakan sanksi penutupan selama 3 hari. Seluruh kantor itu ditutup sementara lantaran kedapatan melanggar protokol kesehatan. 

Budhy mengatakan mayoritas pelanggar berada di kawasan yang terdapat banyak tempat usaha. “Sebagian besar ada di Cakung dan di Pulogadung. Ada juga beberapa di Jatinegara yang merupakan daerah kecamatannya itu sentral usaha,” kata Budhy pada Rabu, 23 September 2020.  

Adapun pelanggaran yang banyak dilakukan oleh perkantoran tersebut adalah terkait ketentuan batas maksimal jumlah karyawan. Menurut Budhy, para perkantoran non esensial itu masih mengikuti aturan sebelum Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) jillid 2, yaitu 50 persen dari kapasitas maksimal. 

Padahal, dalam PSBB jilid 2, perkantoran non esensial dianjurkan untuk mempeerjakan karyawannya dari rumah. Jika tetap harus ada yang ke kantor, jumlahnya dibatasi menjadi 25 persen dari kapasitas maksimal.  

Budhy menjelaskan, pihaknya akan memperketat pengawasan terhadap perkantoran yang sebelumnya telah mendapat sanksi penutupan itu. Di sisi lain, kata dia, Satpol PP Jakarta Timur bersama unsur lain yang terlibat, seperti TNI dan Polri, akan terus menggencarkan penerapan aturan PSBB, khususnya di kalangan perkantoran. 

Baca juga: Uang Denda Pelanggaran PSBB di Jakarta Timur Mencapai Rp19,6 Juta

ADAM PRIREZA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT