3 Instruksi AHY ke Kadernya: Bantu UMKM Hingga Pasang WiFi Gratis
TEMPO.CO | 26/09/2020 09:02
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengenakan masker dan pelindung wajah saat melakukan pertemuan di kantor DPP PKS, Jakarta, Jumat, 24 Juli 2020.  TEMPO/M Taufan Rengganis
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengenakan masker dan pelindung wajah saat melakukan pertemuan di kantor DPP PKS, Jakarta, Jumat, 24 Juli 2020. TEMPO/M Taufan Rengganis

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menginstruksikan tiga hal kepada seluruh kadernya di Indonesia. Instruksi ini turun dalam rangka membantu pemerintah menangani Covid-19 dan dampaknya.

Bagi kadernya yang menjabat sebagai kepala daerah dan legislator, AHY menginstruksikan agar mengawal berbagai program, anggaran, dan distribusi bantuan secara tepat. "Kita harus mengejar keterlambatan; testing, tracing, treating, isolating and containing," katanya saat menyampaikan pidato pada Jumat, 25 September 2020.

Ia memerintahkan kader partai terus membagikan masker dan alat kesehatan. Selain itu, ia juga meminta kader memberi contoh baik bagi masyarakat dalam menerapkan protokol pencegahan Covid-19 secara ketat.

Instruksi kedua, AHY meminta seluruh kadernya membantu pemulihan ekonomi dengan mengawal kebijakan penyelamatan dunia usaha dari pemerintah.

Ia menjelaskan pada krisis ekonomi 1998 dan 2008, UMKM adalah salah satu penyelamat ekonomi nasional. Tapi kini UMKM yang berkontribusi 60 persen terhadap PDB justru yang paling terpukul akibat pandemi virus corona.

"Jika setiap DPC membina dan mendampingi minimal 20 pelaku UMKM, termasuk pedagang kaki lima, paling tidak ada lebih dari 10 ribu UMKM yang bisa kami bantu dan berdayakan, di seluruh Tanah Air," tuturnya.

Terakhir, AHY meminta kader membantu sesama sesuai dengan kapasitas, dan kemampuan masing-masing. Salah satu contohnya dengan menyediakan fasilitas “Wifi Gratis” di lingkungan masing-masing untuk membantu pelajar dan mahasiswa yang mengikuti kegiatan belajar dari rumah.

"Karena itu, saya mendorong kepada para pimpinan, kader, dan simpatisan Demokrat di seluruh tanah air untuk berpartisipasi aktif dalam Gerakan Nasional Partai Demokrat “Wifi Gratis” di daerah masing-masing," ucap AHY.

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT