Mulai Malam Ini, Jasa Marga Lakukan Perbaikan Jalan Tol Japek Arah Cikampek
TEMPO.CO | 27/09/2020 18:27
Foto udara suasana sepi Tol Layang Jakarta - Cikampek II yang ditutup untuk mencegah pemudik, di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu, 25 April 2020. TEMPOHilman Fathurrahman W
Foto udara suasana sepi Tol Layang Jakarta - Cikampek II yang ditutup untuk mencegah pemudik, di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu, 25 April 2020. TEMPOHilman Fathurrahman W

TEMPO.CO, Cikarang - PT Jasa Marga akan melakukan pekerjaan rekonstruksi dan pemeliharaan di  ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek atau Tol Japek arah Cikampek mulai malam ini. Pekerjaan perbaikan jalan tol ini akan berlangsung hingga Jumat pekan depan, 2 Oktober 2020. 

Humas Jasa Marga Cabang Japek Hendra Damanik mengatakan perbaikan jalan tol tersebut menggunakan metode rigid pavement atau pengerasan jalan dengan material kaku. "Pekerjaan rekonstruksi ini akan mulai dilaksanakan hari ini pukul 21.00 sampai dengan Jumat pukul 04.00," kata Hendra di Bekasi, Minggu 27 September 2020.

Menurut Hendra, pekerjaan rekonstruksi ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas jalan Tol Japek. Pemeliharaan jalan tol ini dilakukan di empat titik ruas jalan mengarah ke Cikampek dengan total pekerjaan sepanjang 310 meter.

Titik pertama perbaikan jalan tol di Kilometer (KM) 25+091 sampai dengan KM 25+131 sepanjang 40 meter. Titik kedua di KM 25+222 hingga KM 25+257, sepanjang 35 meter.

Perbaikan jalan titik ketiga berada di di KM 25+568 sampai KM 25+608 dengan panjang 40 meter. Titik keempat berada di KM 27+564 hingga KM 27+759 sepanjang 195 meter.

"Semua pekerjaan ini dilakukan di lajur 2 Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek," kata Hendra.

PT Jasa Marga telah menyiapkan mitigasi risiko untuk mengantisipasi kepadatan yang berpotensi terjadi akibat pekerjaan tersebut berupa penutupan lajur 2, mempersempit area kerja pada lajur 2 sehingga lajur 1 dan 3 lebih lebar, serta pemasangan spanduk imbauan pekerjaan.

Baca juga: Pengerasan Jalan Tol Jakarta - Cikampek Dimulai Senin Besok

"Kami juga siapkan skema contra flow apabila kondisi sudah padat serta berkoordinasi dengan kepolisian dalam hal ini Patroli Jalan Raya (PJR) dan PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO)," kata Hendra.

Memastikan informasi diterima dengan baik oleh pengguna jalan, Jasa Marga juga telah melakukan sosialisasi rencana pekerjaan dengan memasang media luar ruang berupa spanduk imbauan pekerjaan dan Variable Message Sign di ruas Tol Jakarta-Cikampek baik arah Cikampek maupun Jakarta.

Jasa Marga juga memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat adanya pekerjaan ini. "Kami mengimbau pengguna jalan untuk mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol, tetap berhati-hati dan taati rambu-rambu terutama di sekitar lokasi pekerjaan," kata dia.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT