Satpol PP Bogor Segel 10 Vila di Puncak, Disewakan Saat PSBB
TEMPO.CO | 28/09/2020 03:29
Petugas Pol-PP Kabupaten Bogor tengah menertibkan rumah makan yang buka dan melayani makan di tempat di kawasan Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Selasa 26 Mei 2020. TEMPO/M.A MURTADHO
Petugas Pol-PP Kabupaten Bogor tengah menertibkan rumah makan yang buka dan melayani makan di tempat di kawasan Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Selasa 26 Mei 2020. TEMPO/M.A MURTADHO

TEMPO.CO, Bogor - Satpol PP Kabupaten Bogor menyegel sepuluh vila di kawasan Puncak karena melanggar ketentuan PSBB Pra Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Vila dan homestay yang disegel itu berada di daerah Tugu Utara, Kecamatan Cisarua.

Kepala Satpol PP Kabupaten Bogor Agus Ridhollah mengatakan selain disegel, pengelola vila pun diberi peringatan keras dan KTP mereka disita untuk proses lebih lanjut.

"Ini dilalukan setelah tim dari satuan penegak perda mendapati bahwa para pemilik menyewakan vila atau homestay-nya ke publik," kata Agus di Bogor, Ahad 27 September 2020.

Agus mengatakan sesuai dengan aturan yang terdapat dalam Peraturan Bupati Bogor Nomor 60 Tahun 2020 Tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar Pra AKB, penyewaan vila dan homestay pada saat ini tidak diizinkan untuk cegah penularan Covid-19. "Vila hanya boleh dipergunakan para pemilik atau orang yang menjaganya saja," ucap Kepala Satpol PP Kabupaten Bogor ini.

Baca juga: Satpol PP Kota Bekasi Segel Kafe Pelanggar PSBB Setelah Viral

Larangan menyewakan vila atau homestay tidak hanya berlaku di kawasan Puncak Bogor, melainkan di seluruh Kabupaten Bogor . Jka ditemukan vila disewakan kepada publik, pengelola akan ditegur dan KTP ditahan. Bangunan vila juga akan langsung dilakukan penyegelan dan dikosongkan. "Kepada para penyewanya langsung kita bubarkan," kata Agus.

Untuk mengurangi penyebaran Covid-19 pada masa PSBB ini, Pemerintah Kabupaten Bogor membatasi semua tempat usaha, termasuk vila atau homestay. "Kami juga akan cek perizinannya. Terkait Covid-19, mereka yang melanggar nantinya akan kami proses tipiring," demikian Agus.

M.A MURTADHO


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT