Cilitilink Layani Penerbangan Perdana ke Bandara Nagan Raya Aceh
TEMPO.CO | 03/10/2020 18:27
Wali Kota Risma saat berfoto bersama manajemen Citilink.
Wali Kota Risma saat berfoto bersama manajemen Citilink.

TEMPO.CO, JakartaPesawat jenis ATR seri 72-600 Citilink (anak usaha Garuda Indonesia), mendarat dengan mulus di Bandara Cut Nyak Dhien Nagan Raya, Aceh, untuk pertama kalinya. Pesawat ini terbang dari Bandara Internasional Halim Perdana Kusuma Jakarta.  

“Ini penerbangan charter bukan penerbangan komersial,” kata Kasubbag Tata Usaha Bandar Udara Cut Nyak Dhien Nagan Raya, Aceh, M Majid, Sabtu 3 Oktober 2020.

Ia menjelaskan penerbangan Citilink dari Jakarta dan Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekan Baru, Riau tersebut merupakan penerbangan perdana ke Nagan Raya Aceh.

Maskapai tersebut mengangkut sekitar 46 orang penumpang dan setelah mendarat sekitar 30 menit di Bandara Cut Nyak Dhien Nagan Raya, pesawat ini langsung kembali terbang ke Jakarta dan dijadwalkan transit kembali ke Pekan Baru, Riau.

Majid menuturkan penerbangan Citilink ke Bandara Cut Nyak Dhien Nagan Raya  dapat meyakinkan berbagai pihak bahwa bandara ini mampu melayani semua maskapai penerbangan.



Ia juga mengakui sebelumnya pada akhir 2019 lalu, manajemen maskapai Citilink juga sudah berupaya menjajaki pembukaan penerbangan ke Bandara Nagan Raya.

Rencananya maskapai tersebut akan terbang dari Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang Sumetara Utara (KNO) ke Meulaboh (MEQ) melalui Bandara Cut Nyak Dhien Nagan Raya, Aceh atau memilih rute dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (BTJ), Blang Bintang, Aceh Besar ke Meulaboh (MEQ) Nagan Raya, lalu terbang kembali ke Sumatera Utara (KNO).

Sales Manager Branch office Citilink Medan, Herry Andi P Manopo mengatakan rencana pembukaan rute penerbangan ke Nagan Raya disebabkan banyaknya keinginan dari masyarakat yang menginginkan adanya penambahan rute penerbangan.

Ia yakin potensi pengembangan bisnis maskapai pelat merah tersebut akan meningkat karena masyarakat akan mendapatkan banyak pilihan penerbangan.

Nantinya, penerbangan pesawat udara ke Nagan Raya direncanakan akan dilayani oleh pesawat jenis ATR dengan kapasitas (seat) penumpang sebanyak 70 orang.

Baca juga: Kena Sanksi Akibat Angkut Penumpang Covid ke Pontianak, Citilink Evaluasi Rute


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT