Profil Alexandra Askandar yang Ditunjuk Erick Thohir jadi Wadirut Bank Mandiri
TEMPO.CO | 22/10/2020 09:25
Alexandra Askandar. Bankmandiri.co.id
Alexandra Askandar. Bankmandiri.co.id

TEMPO.CO, Jakarta - Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. kemarin disetujui pengangkatan jajaran direksi baru di tubuh perseroan. 

Rapat tersebut menyetujui Darmawan Junaidi sebagai direktur utama di Bank Mandiri. Darmawan bersama 11 orang direktur lainnya yang akan mengurusi emiten berkode BMRI tersebut. 

Sementara yang terpilih mengisi posisi Wakil Direktur Utama yakni Alexandra Askandar. Meski menempati posisi baru, Alexandra bukanlah bankir baru di Bank Mandiri.

Sebelum dipromosikan menjadi orang nomor dua di Bank Mandiri, jabatan terakhir perempuan kelahiran 1972 ini adalah sebagai Direktur Corporate Banking. Dia mengurusi nasabah-nasabah korporasi di perseroan termasuk berkontribusi dalam pengegolan sejumlah kredit sindikasi jumbo untuk proyek-proyek infrastruktur. Adapun segmen wholesale banking merupakan pilar utama alias fokus bisnis perseroan. 

Alexandra meraih gelar sarjana di Universitas Indonesia dan gelar MBA dari Boston University, AS. Dalam karir perbankannya, dia pernah menduduki sejumlah posisi yang cukup penting yakni sebagai Group Head Corporate Banking pada 2015. Lalu pada 2016, Alexandra menjabat sebagai Senior Executive Vice President.

Ia tidak banyak menampilkan foto atau video aktivitasnya di media sosial. Dari enam foto yang dia unggah, isinya seputar ulang tahun Bank Mandiri yang ke 22 pada tahun 2020, lalu kegiatannya berolaharaga sepeda, serta foto tentang keluarga.

Selain Alexandra, berikut ini susunan lengkap jajaran direksi Bank Mandiri yang terbaru: 

Direktur Utama : Darmawan Junaidi*
Wakil Direktur Utama : Alexandra Askandar*
Direktur Hubungan Lembaga : Rohan Hafas*
Direktur Operasional : Toni Eko Boy Subari*
Direktur Treasury : Panji Irawan
Direktur Keuangan : Sigit Prastowo*
Direktur Korporasi : Susana Indah*
Direktur Manajemen Risiko : Siddik Badruddin
Direktur IT: Rico Usthavia
Direktur SDM: Agus Dwi Handaya
Direktur Komersial: Riduan
Direktur Jaringan: Aquarius Rudianto

*Berlaku efektif setelah melalui proses Fit & Proper Test oleh Otoritas Jasa Keuangan

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan penunjukan Alexandra merupakan bagian dari usahanya untuk memperbesar komposisi pimpinan wanita di perusahaan negara.

"Hingga 15 persen pada jajaran pimpinan senior di BUMN," kata Erick dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu, 21 Oktober 2020. Sebelumnya, Erick pun menunjuk Adi Sulityowati sebagai Wakil Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.

BISNIS | FAJAR PEBRIANTO

Baca: Erick Thohir Rombak Jajaran Direksi Perum Bulog, Budi Waseso Tetap Dirut


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT