Bos Samsung Lee Kun-hee Wafat, Sempat Sakit Jantung Sejak 2004
TEMPO.CO | 25/10/2020 09:34
Lee Kun-hee, Kepala Samsung Electronics, meninggal pada 25 Oktober 2020. Sumber: Wikipedia
Lee Kun-hee, Kepala Samsung Electronics, meninggal pada 25 Oktober 2020. Sumber: Wikipedia

TEMPO.CO, Jakarta – Pemimpin Samsung Electronics--perusahaan elektronik yang berbasis di Korea Selatan--Lee Kun-hee meninggal pada Ahad, 25 Oktober 2020. Kabar ini dilaporkan Reuters mengutip manajemen perusahaan.

“Chairman Samsung Electronics, Lee Kun-hee, meninggal pada Minggu, kata perusahaan,” tulis laporan Reuters.

Samsung tidak merinci sebab kematian Lee Kun-hee. Namun, sebelum tutup usia, ia sempat dikabarkan sakit jantung sejak 2004. Adapun Lee Kun hee wafat di usia 78 tahun.

Semasa hidup, ia membantu mengembangkan Samsung menjadi perusahaan yang kesohor dengan produk ponsel pintar dengan skala raksasa global. Dia juga mengembangkan Samsung sebagai perusahaan televisi, komputer, hingga elektronik lainnya.

Lee mengambil alih Samsung pada 1987 setelah kematian ayahnya, Lee Byung-chul. Namun dalam perjalanannya, Lee sempat mengundurkan diri dari perusahaan pada April 2008 lantaran tersangkut skandal dana gelap. Ia baru kembali ke perusahaan tersebut pada 24 Maret 2010.

Empat tahun kembali ke Samsung, tepatnya pada 2014, dia didapuk sebagai orang paling berpengaruh di dunia versi Majalah Forbes. Lee berada di urutan ke-35 dunia.

FRANCISCA CHRISTY ROSANA | REUTERS | NEW YORK TIMES


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT