Sambut Wisatawan Saat Libur Panjang, Kepulauan Seribu Disemprot Disinfektan
TEMPO.CO | 30/10/2020 04:36
Wisatawan menunggu matahari terbit dari atas Jembatan Cinta, di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, 21 Mei 2015. Jembatan ini memiliki mitos  bisa memberikan keberuntungan dalam hal percintaan, bagi yang sudah berpasangan ataupun belum. TEMPO/Charisma Adristy
Wisatawan menunggu matahari terbit dari atas Jembatan Cinta, di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, 21 Mei 2015. Jembatan ini memiliki mitos bisa memberikan keberuntungan dalam hal percintaan, bagi yang sudah berpasangan ataupun belum. TEMPO/Charisma Adristy

TEMPO.CO, Jakarta - Penyemprotan disinfektan dilakukan di sejumlah tempat wisata di Kepulauan Seribu menjelang libur panjang akhir pekan ini. Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu mendisinfeksi permukiman dan lokasi wisata untuk kenyamanan wisatawan.

"Penyemprotan disinfektan dilakukan menyambut libur panjang, karena wisatawan yang datang diperkirakan akan meningkat," kata Kepala Sektor 7 Sudin Gulkarmat Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, Buang Miharja di Jakarta, Kamis, 29 Oktober 2020.

Penyemprotan dilakukan di jalan lingkungan permukiman warga RW 02 Pulau Harapan, Kepulauan Seribu Utara. Sudin Gulkarmat memastikan semua sarana dan prasarana di jalan lingkungan aman dan nyaman untuk wisatawan serta terhindar dari penularan Covid-19.

"Kami mengerahkan enam personel berikut dua unit penyemprot air. Proses penyemprotan menghabiskan 30 liter cairan disinfektan," kata Buang.

Sudin Gulkarmat juga melakukan penyemprotan di rumah dinas Bupati Kepulauan Seribu, Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara.

Sebanyak tujuh personel dan dua unit mesin penyemprot dikerahkan dalam penyemprotan yang menghabiskan 60 liter cairan disinfektan itu.

Kepala Sektor 8 Sudin Gulkarmat Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu Eko Mahendro mengatakan penyemprotan disinfektan dilakukan terhadap sarana dan prasarana dermaga Pulau Pari, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan.

"Penyemprotan ini untuk pencegahan penyebaran Covid-19, karena wisatawan memanfaatkan libur panjang untuk berkunjung ke Pulau Seribu," kata Eko.

Eko menyatakan pihaknya mengerahkan tiga petugas dan satu unit mesin penyemprot serta 15 liter cairan disinfektan untuk menyemprot dari dermaga sisi timur hingga dermaga utama.

Pemerintah Kepulauan Seribu terus memantau penerapan protokol kesehatan yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak (3M) selama liburan panjang sejak Rabu 28 Oktober hingga Minggu 1 November 2020.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT