DKI Cari Apartemen Milik Swasta untuk Dijadikan Hunian DP Nol Rupiah
TEMPO.CO | 09/11/2020 09:35
Suasana Rusunami Samawa Program DP Nol Persen, Kelapa Village, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, pada Selasa, 15 Oktober 2019. Tempo/Adam Prireza
Suasana Rusunami Samawa Program DP Nol Persen, Kelapa Village, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, pada Selasa, 15 Oktober 2019. Tempo/Adam Prireza

TEMPO.CO, Jakarta - Pemerintah DKI Jakarta menelusuri apartemen milik swasta yang berpotensi dijadikan hunian DP nol rupiah. "Beberapa potensi DP nol di beberapa apartemen yang dibangun oleh pihak swasta masih dalam proses penjajakan," kata pelaksana tugas Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Sarjoko, Ahad, 8 November 2020.

Pemerintah DKI telah bekerja sama dengan Perum Perumnas agar rumah susun milik atau rusunami dimanfaatkan sebagai hunian DP nol rupiah. Hasilnya, rusunami Bandar Kemayoran, Jakarta Pusat dan Sentraland Cengkareng, Jakarta Barat akan ditempati penerima manfaat hunian DP nol rupiah.

Pengelola menyediakan 30 unit hunian tipe 27 meter persegi di Bandar Kemayoran dan 64 unit tipe 22,3 meter persegi di Sentraland Cengkareng.

Menurut Sarjoko, penyediaan hunian bukan hanya tanggung jawab pemerintah, melainkan banyak pemangku kepentingan atau stakeholder mengingat program DP nol menjadi terobosan skema fasilitasi pembiayaan perolehan rumah. "Sepanjang tersedia unit hunian oleh pelaku pembangunan yang sesuai dengan kriteria atau ketentuan DP nol, dapat dikerjasamakan dengan skema DP nol."

Pemerintah DKI selesai membangun hunian DP nol rupiah pertama di Klapa Village, Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Hunian DP nol tahap kedua dibangun di Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan pembangunan tahap kedua ini pada 12 Desember 2019 dan ditargetkan rampung di kuartal ketiga 2021. Dua proyek ini dibangun Perumda Sarana Jaya.




REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT