Cegah Banjir Musim Hujan, Tanah Abang Kuras Saluran Air Sepanjang 1.850 Meter
TEMPO.CO | 12/11/2020 20:39
Petugas Dinas Sumber Daya Air Provinsi DKI Jakarta melakukan perbaikan turap PHB Poncol, Jakarta, Kamis 12 November 2020. Perbaikan untuk mengantisipasi banjir kawasan tersebut. TEMPO/Subekti.
Petugas Dinas Sumber Daya Air Provinsi DKI Jakarta melakukan perbaikan turap PHB Poncol, Jakarta, Kamis 12 November 2020. Perbaikan untuk mengantisipasi banjir kawasan tersebut. TEMPO/Subekti.

TEMPO.CO, Jakarta - Mengantisipasi risiko banjir dan genangan saat musim hujan, pasukan biru Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Tanah Abang dikerahkan menguras 1.850 meter saluran air. Pengurasan itu dilakukan oleh pasukan biru dari Satuan Pelaksana (Satpel) SDA Kecamatan Tanah Abang.

"Dari 1.850 meter panjang saluran di lima lokasi yang telah dikuras, ditemukan ketebalan endapan lumpur sekitar 10 hingga 50 sentimeter," kata Kepala Satpel SDA Kecamatan Tanah Abang, Eli Menawan Sari, saat dihubungi di Jakarta, Kamis 12 November 2020. 

Pengurasan saluran air itu dilakukan oleh 38 petugas dari Satpel SDA Kecamatan Tanah Abang di lima kelurahan yaitu di Kelurahan Petamburan, Kebon Melati, Kebon Kacang, Gelora, dan Bendungan Hilir (Benhil).

Saluran yang telah dikuras berlokasi di Jalan Administrasi I LAN Kelurahan Bendungan Hilir, Kali Krukut Jalan Kebon Pala I Kelurahan Kebon Melati dan Jalan Administrasi II Kelurahan Petamburan. Pasukan biru juga menguras saluran di Jalan Kebon Kacang IX Kelurahan Kebon Kacang dan Jalan Asia Afrika Kelurahan Gelora.

Pengurasan saluran air itu termasuk dalam kegiatan Gerebek Lumpur yang diprakarsai oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mencegah banjir.

Baca juga: Penanggulangan Banjir, Jakpus Minta 150 Bangunan di Saluran PHB Poncol Dibongkar

Eli mengimbau warga Tanah Abang untuk tetap menjaga kebersihan saluran air yang telah dikuras agar banjir tidak terjadi jika hujan dengan intensitas tinggi mengguyur Ibu Kota. "Kita harapkan warga tidak membuang sampah ke dalam saluran yang telah dikuras itu supaya tidak berdampak menyumbat aliran air di saluran yang sudah dikuras," kata Eli.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT