Kasus Covid-19 di Petamburan Naik Lagi, 20 Warga Terkonfirmasi Positif
TEMPO.CO | 23/11/2020 14:50
Petugas kesehatan mengambil sampel darah warga saat mengikuti rapid test massal di SDN Petamburan 01, Petamburan, Jakarta, Senin, 23 November 2020. Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya menggelar rapid test massal gratis untuk warga di sekitar Kelurahan Petambu
Petugas kesehatan mengambil sampel darah warga saat mengikuti rapid test massal di SDN Petamburan 01, Petamburan, Jakarta, Senin, 23 November 2020. Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya menggelar rapid test massal gratis untuk warga di sekitar Kelurahan Petamburan. TEMPO/M Taufan Rengganis

TEMPO.CO, Jakarta - Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat menyatakan kasus Covid-19 di Petamburan meningkat kembali dengan ditemukan 20 warganya terkonfirmasi positif. Temuan kasus baru itu terungkap setelah Puskesmas melakukan pelacakan atau tracing di permukiman penduduk di Kelurahan Petamburan, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

"Setelah empat hari kita lakukan tracing langsung terlihat adanya penambahan kasus Covid-19," kata Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat Erizon Safari, di Jakarta, Senin 23 November 2020.

Sebelum kedatangan Rizieq Shihab, Ketua RW04 Petamburan menyatakan kelurahannya sempat masuk zona merah, bahkan ada 3 warga yang meninggal akibat Covid-19.   

Empat hari penelusuran kontak erat Lurah Petamburan Setiyanto, Puskesmas menemukan 20 orang terkonfirmasi positif Covid-19. "Bukan hanya dari orang terdekat Lurah Petamburan saja, tapi dari warga juga ada yang positif Covid-19," kata Erizon.

Menurut Kepala Sudin Kesehatan Jakpus, Puskesmas Tanah Abang sudah siap memeriksa pimpinan FPI Rizieq Shihab jika diperlukan. Kepolisian sudah mengimbau Rizieq agar memeriksakan kesehatannya.

Baca juga: Pangdam Jaya: Yang Bilang Pembubaran FPI Cuma Saya, Panglima TNI Tidak

Menurut Erizon, hingga saat ini belum ada rencana pemeriksaan terhadap Rizieq Shihab dan keluarganya di Petamburan. "Pada intinya, kami siap jika diperlukan untuk periksa Rizieq Shihab. Kita juga belum tahu, apakah Rizieq sudah pernah atau belum periksa swab test sebelum datang ke Indonesia," kata dia.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT