Calon Rektor USU Usulkan Program Kerja
TEMPO.CO | 01/12/2020 17:56
Calon Rektor USU Usulkan Program Kerja
Calon Rektor USU Usulkan Program Kerja

Salah satu calon Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) periode 2021-2026, yaitu Prof.Dr.H. Muhammad Arif Nasution, M.A. mengusulkan program kerja Merah Putih USU, Merdeka Belajar.

Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) USU ini menyusun program kerja Merah Putih USU, Merdeka Belajar dengan memperhatikan kebijakan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka yang diperkenalkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim, ,. “Saya berharap program kerja ini dapat menjawab kebutuhan masyarakat, khususnya dalam hal menciptakan lulusan yang berdaya saing tinggi, adaptif, dan berintegritas tinggi”, ujarnya.

 Ada empat program kerja utama, yaitu peningkatan kualitas SDM, penguatan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, peningkatan mutu Pendidikan, dan pembangunan integritas. Keempat program kerja tersebut saling terkait satu dengan yang lain dan tidak dapat berdiri sendiri.

“Sebagai contoh, pembangunan integritas baik melalui pendirian Fakultas Pertahanan Nasional maupun melalui program pelatihan wawasan kebangsaan, merupakan faktor pendorong yang penting dalam meningkatkan kualitas SDM. Salah satu output yang diharapkan adalah lahirnya lulusan-lulusan yang memiliki kompetensi ilmu pengetahuan dan skill yang mumpuni, serta disokong dengan wawasan kebangsaan yang kental.”, ujar Arif.

Dalam program penguatan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, Arif Nasution  menitikberatkan pada sinergi antara kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat dapat memberikan input yang positif ke dalam pengembangan kurikulum. “Rasanya program ini sangat senada dengan salah satu kebijakan yang diusung oleh Pak Nadiem Makarim, khususnya dalam program hak belajar 3 semester di luar program studi,” kata Arif.

Muhammad Arif Nasution,sosok pendidik yang nasionalis dan memiliki rekam jejak yang mumpuni di perguruan tinggi. Dia memperoleh gelar sarjana di bidang Administrasi Negara pada 1986.

Berikutnya Arif melanjutkan studinya di Flinders University (Australia) di bidang population studies dan memperoleh gelar Master of Arts pada 1990. Dia memperoleh gelar doktor untuk bidang population studies dari Universiti Kebangsaan Malaysia pada tahun 1997.

Sepanjang masa karirnya, Muhammad Arif Nasution telah beberapa kali diberikan kepercayaan menjadi pemimpin. Pada 2005-2010, dia menjabat sebagai Dekan FISIP USU. Saat ini, beliau menjabat sebagai Ketua Program Pasca Sarjana Ilmu Politik FISIP USU.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT