Pemerintah Potong Libur Akhir Tahun Sebanyak 3 Hari, Ini Detailnya
TEMPO.CO | 01/12/2020 17:47
Suasana kepadatan kendaraan dari arah Garut dan Tasikmalaya menuju Gerbang Tol Cileunyi terjadi di Cipacing, Kabupaten Bandung, Ahad, 1 November 2020. Kepala Bagian Operasi Korps Lalu Lintas Polri Komisaris Besar Rudi Antariksawan mengatakan, puncak arus
Suasana kepadatan kendaraan dari arah Garut dan Tasikmalaya menuju Gerbang Tol Cileunyi terjadi di Cipacing, Kabupaten Bandung, Ahad, 1 November 2020. Kepala Bagian Operasi Korps Lalu Lintas Polri Komisaris Besar Rudi Antariksawan mengatakan, puncak arus balik libur panjang cuti bersama menuju Jakarta di berbagai daerah akan terjadi pada Ahad malam ini. ANTARA/Raisan Al Farisi

TEMPO.CO, Jakarta - Pemerintah resmi memotong libur akhir tahun sebanyak tiga hari, yakni dari 28 Desember hingga 30 Desember. Hal ini diputuskan setelah rapat di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia, Selasa, 1 Desember 2020.

"Secara teknis pengurangan libur itu ada tiga hari yaitu 28-30 Desember. Nanti kesepakatan ini akan ditandatangani oleh tiga menteri, yakni Menpan Menaker, dan Menag," ujar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, dalam konferensi pers daring usai rapat.

Muhadjir menjelaskan libur akan dimulai 24 Desember yang merupakan cuti bersama Hari Raya Natal. Libur akan terus berlanjut hingga 27 Desember, karena Natal pada 25 Desember, sedangkan 26 dan 27 Desember jatuh pada hari Sabtu dan Ahad.

Setelah itu, cuti berhenti selama tiga hari, hingga 30 Desember. Libur panjang kembali dimulai dari 31 Desember hingga 3 Januari. Muhadjir menjelaskan libur 31 Desember merupakan pengganti Idul Fitri. Sedangkan 1 Januari adalah libur tahun baru. 2 dan 3 Januari jatuh di hari Sabtu dan Minggu.

Muhadjir mengatakan keputusan ini akan ditetapkan dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri, yakni Menteri Agama, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), dan Menteri Ketenagakerjaan.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT