Anies Baswedan Ungkap Saat Jalani Pemeriksaan Kesehatan: Keluarga Bebas Covid-19
TEMPO.CO | 02/12/2020 19:22
Gubernur Anies Baswedan saat hendak menjalani pemeriksaan kesehatan awal di RSUD Pasar Minggu, Jakarta Selatan, pada Selasa, 1 Desember 2020. Dok: Facebook Anies Baswedan
Gubernur Anies Baswedan saat hendak menjalani pemeriksaan kesehatan awal di RSUD Pasar Minggu, Jakarta Selatan, pada Selasa, 1 Desember 2020. Dok: Facebook Anies Baswedan

TEMPO.CO, Jakarta -Gubernur Anies Baswedan mengatakan kondisi kesehatannya baik setelah menjalani pemeriksaan awal di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Minggu pada Selasa pagi, 1 Desember 2020.

Hal itu yang mendasari Anies diperbolehkan untuk menjalani isolasi mandiri di rumah dinasnya, Jalan Taman Suropati Nomor 7, Menteng, Jakarta Pusat.

“Kemarin pagi dijemput tim RSUD Pasar Minggu untuk pemeriksaan kesehatan awal. Alhamdulillah, aemua parameter kesehatan diri terkendali sehingga bisa menjalani isolasi mandiri di rumah dinas, terpisah dari keluarga,” kata Anies dalam unggahan akun Facebooknya pada Rabu, 2 Desember 2020.

Baca juga : Begini Rizieq Shihab Doakan Gubernur Anies Baswedan Sembuh dari Covid-19

Anies pun mengapresiasi kesigapan tim Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dsn jajaran RSUD Pasar Minggu dalam menjalankan pengetesan, pelacakan, dan perawatan. Ia menyampaikan kalau anggota keluarganya yang lain tak terpapar Covid-19.

“Alhamdulillah hasil tracing dan tes kemarin menunjukkan seluruh anggota keluarga kami negatif,” tutur Anies.

Sebelumnya, Anies mengumumkan dirinya positif Covid-19 melalui akun Instagramnya, Selasa, 1 Desember 2020. Rumah dinas menjadi lokasi pilihan Anies untuk menjalani isolasi mandiri sendiri di rumah dinas tanpa keluarganya.

Pagi tadi, gubernur Anies baswedan melakukan siaran langsung lewat akun Instagramnya, @aniesbaswedan. Dalam siaran langsung selama 5 menit 26 detik itu, Anies menceritakan kegiatannya saat menjalani isolasi mandiri.

“Tadi subuh setelah selesai salat, kemudian ke luar sebentar. Buka pintu, jendela, biar udara segar masuk, lalu olahraga ringan,” kata Anies.

Anies melakukan peregangan dan lari kecil di area taman rumah dinasnya. Menurut Anies, meski sedang menjalani isolasi mandiri, kegiatannya sebagai Gubernur Ibu Kota tetap berjalan. Sejumlah rapat secara virtual akan dilakukan hari ini. “Pagi ini sudah mulai urusan-urusan kantor tadi saya cek beberapa. Terus akan v-con jam 10 soal pertanahan di Jakarta. Nanti siang juga ada rapat. Jadi, kegiatan terus jalan.”

Anies yang siaran langsung dari balkon rumah dinasnya sempat menunjukkan kondisi di sekitarnya. Area taman rumah Anies yang berhadapan dengan Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat. Anies juga sempat membahas Taman Suropati yang sedari pagi sudah dimanfaatkan oleh warga untuk berolahraga.

Pada akhir siarannya Anies mengingatkan warga Jakarta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti mengenakan masker, rutin mencuci tangan, serta menjaga jarak.

Menurut Anies Baswedan, pagi ini pertama kalinya ia siaran langsung lewat Instagram tanpa dibantu asistennya. “Mudah-mudahan Live IG-nya, meskipun baru pertama kali megangin sendiri semuanya, mudah-mudahan not bad,” ujar Anies.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT