Dinas Pertamanan Jakarta Pusat Pangkas 6.914 Pohon Hingga Awal Desember 2020
TEMPO.CO | 04/12/2020 04:45
Pekerja Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) menebang pohon di Jakarta, Rabu (23/9/2020). ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/foc
Pekerja Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) menebang pohon di Jakarta, Rabu (23/9/2020). ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/foc

TEMPO.CO, Jakarta -Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat mencatat telah menata hampir sebanyak 7.000 pohon, tepatnya 6.914 pohon hingga awal Desember 2020.

"Sudah ada ribuan yang kita tata, kita pangkas dengan tiga kategori itu terdiri dari pemangkasan ringan 2.411 pohon, pemangkasan sedang 3.681 pohon, pemangkasan berat 767 pohon, dan ada juga yang ditebang karena sudah rapuh sebanyak 55 pohon," kata Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat Mila Ananda saat dihubungi, di Jakarta, Kamis, 3 Desember 2020.

Baca Juga: Bima Arya Tinjau Pemangkasan Dahan di Lokasi Pohon Tumbang Timpa 2 Orang

Ia menjelaskan, pemangkasan dan penebangan itu dilakukan tidak hanya sebagai perawatan rutin tapi juga berasal dari laporan warga di Jakarta Pusat terkait adanya pohon rawan tumbang terutama di musim penghujan.

Untuk di tingkat wilayah kota, Mila mengatakan setiap harinya ada 10 tim dari Penyedia Jasa Lainnya Orang Perorangan (PJLP) yang bertugas untuk melakukan penataan-penataan pohon.

Tidak hanya mengurus pohon-pohon di jalur hijau dekat trotoar, para PJLP juga mendapatkan tugas untuk mengurus pohon-pohon di dekat saluran air yang mengganggu dalam rangka antisipasi banjir.

"Jika ada keberadaan pohon yang mengganggu aliran air di saluran maka dilakukan upaya pemangkasan atau bisa jadi penebangan," ujar Mila.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT