Donald Trump Dikabarkan Minta Gubernur Georgia Batalkan Kemenangan Biden
TEMPO.CO | 06/12/2020 16:30
Presiden AS Donald Trump dan ibu negara Melania Trump mengampuni seekor ayam Kalkun Thanksgiving Nasional yang ke-73 di Rose Garden di Gedung Putih di Washington, AS, 24 November 2020. REUTERS/Hannah McKay
Presiden AS Donald Trump dan ibu negara Melania Trump mengampuni seekor ayam Kalkun Thanksgiving Nasional yang ke-73 di Rose Garden di Gedung Putih di Washington, AS, 24 November 2020. REUTERS/Hannah McKay

TEMPO.CO, - Presiden Donald Trump dikabarkan menelepon Gubernur Georgia Brian Kemp dan memintanya meyakinkan para legislator negara bagian untuk membatalkan kemenangan presiden terpilih Joe Biden dalam pemilihan presiden Amerika Serikat 2020.

Seorang sumber yang mengetahui percakapan ini memberi tahu CNN bahwa Donald Trump meminta Kemp mengadakan pertemuan khusus dengan para legislator. Menurut sumber ini, Trump meminta Kemp meyakinkan legislator untuk memilih pilihan mereka sendiri. Trump juga meminta gubernur untuk memerintahkan audit tanda tangan surat suara yang absen.

Kemp menjelaskan bahwa dia tidak memiliki wewenang untuk memerintahkan audit semacam itu dan menolak permintaan untuk mengadakan pertemuan khusus, kata sumber itu dikutip dari CNN, Ahad, 6 Desember 2020.

Gedung Putih menolak mengonfirmasi kabar yang pertama kali dilaporkan oleh The Washington Post ini. Adapun Juru bicara Kemp, Cody Hall, membenarkan bahwa gubernur berbicara dengan presiden namun sebatas ucapan belasungkawa atas kematian Harrison Deal, salah seorang staf kampanye.

Dalam pemilihan presiden AS 2020, Joe Biden berhasil memenangkan Georgia dengan selisih lebih dari 12 ribu suara. Ia menjadi calon presiden Demokrat pertama yang menang di sana dalam hampir tiga dekade.

Kemp telah mengesahkan hasil kemenangan Biden pada 20 November, menyusul audit di seluruh negara bagian, yang mencakup penghitungan manual dari hampir 5 juta surat suara yang diedarkan saat pilpres.


CNN

https://edition.cnn.com/2020/12/05/politics/trump-georgia-brian-kemp-phone-call/index.html


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT