Pasar Jaya Gelontorkan Stok di DKI Redam Lonjakan Harga di Akhir Tahun, Di Mana?
TEMPO.CO | 25/12/2020 15:59
Suasana aktivitas jual-beli di PD Pasar Jaya Pasar Minggu di tengah mewabahnya virus corona, di Jakarta, Senin, 30 Maret 2020. Lewat akun Instagramnya, PD Pasar Jaya mengumumkan sejumlah nomor ponsel pedagang dan jenis dagangannya yang dapat dihubungi lan
Suasana aktivitas jual-beli di PD Pasar Jaya Pasar Minggu di tengah mewabahnya virus corona, di Jakarta, Senin, 30 Maret 2020. Lewat akun Instagramnya, PD Pasar Jaya mengumumkan sejumlah nomor ponsel pedagang dan jenis dagangannya yang dapat dihubungi langsung oleh konsumen. TEMPO/M Taufan Rengganis

TEMPO.CO, Jakarta -Perumda Pasar Jaya menyiapkan delapan persediaan komoditas kebutuhan pokok guna mengantisipasi kenaikan harga saat Natal dan Tahun Baru di Ibu Kota.

"Perlu dilakukan antisipasi penyediaan sejumlah komoditi yang dinilai rentan sehingga tidak ada gejolak harga khususnya di pasar tradisional dan di seluruh gerai pangan yang dikelola Pasar Jaya," kata Manager Umum dan Humas Perumda Pasar Jaya, Gatra Vaganza dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, 25 Desember 2020.

Berdasarkan data dari Pasar Jaya, berapa komoditas yang disiapkan stoknya sejak menjelang Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 adalah: beras (529.710 Kg); gula (13.500 Kg); tepung (169.125 Kg); minyak (dua liter 169.125 item dan satu liter 2.500 item); daging ayam (3.500 Kg); daging sapi (2.500Kg); daging kerbau (1.255 Kg); dan bawang merah (26.000 Kg).

Khusus untuk mengantisipasi kenaikan harga daging, Pasar Jaya telah membangun sejumlah mesin Controlled Atmosphere Storage (CAS) di pasar-pasar yang ada di Jakarta dengan tujuan sejumlah kebutuhan pokok sudah bisa dilakukan penyimpanan sejak jauh hari.

"Khusus untuk 'cold storage' sendiri juga sudah disiapkan di sejumlah pasar. Kebutuhan pangan daging beku juga bisa distok dari awal. Daging adalah salah satu komoditi yang cenderung mengalami lonjakan harga setiap hari besar keagamaan dan Tahun Baru," tutur Gatra.

Baca juga : Ludes Usai Kebakaran, Pasar Cempaka Putih Segera Dibangun

Untuk distribusi komoditi pangan tersebut di atas, Pasar Jaya mempergunakan empat Jakgrosir sebagai induk pusat distribusi pangan di Jakarta yang ada di Pasar Induk Kramat Jati, Kedoya, Walang Baru dan satu di Pulau Seribu.

"Keberadaan Jakgrosir didukung oleh gerai ritel di bawahnya sebagai tempat penyaluran komoditi pangan tersebut. Rencananya menyusul pembangunan Jakgrosir di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan," ucap Gatra.

Waktu pelaksanaan penjualan produk pangan ini sendiri berlangsung sejak 8-31 Desember 2020. Harga promo juga sudah disiapkan untuk para pelaku usaha yang tergabung dalam Jakprenur.

Lokasi pelaksanaan adalah Jakgrosir Induk Kramat Jati, Jakgrosir Tidung Kecil, Jakgrosir Walang Baru, Jakgrosir Kedoya, Jakmart Asam Reges, Jakmart Fish Angke, Gerai Cupang, Jakmart Glodok, Gerai Kamal, Gerai Semanan dan Jakmart Marhamas.

Juga, Gerai Rawa Lele, Gerai Siduck, Jakmart Pramuka, Jakmart Rawa Bening, Jakmart Sunan Giri, Jakmart Duren Sawit, Gerai KGN, Gerai SPSI Cakung, Gerai FSPMI Cakung, Gerai Sri Gunting Walikota Jakarta Pusat, Jakmart Cikini, Jakmart Pasar Baru dan Jakmart Balaikota.

ANTARA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT