Cerita Saksi Mata Saat Detik-detik Terjadinya Ledakan di Nashville
TEMPO.CO | 26/12/2020 12:00
MNPD, FBI
MNPD, FBI

TEMPO.CO, Jakarta - Salah seorang saksi mata ledakan di Nashville menceritakan dia terbangun karena suara tembakan dan melihat rumah mobil terparkir sebelum ledakan bom besar menghancurkan sekitar.

Betsy Williams mengatakan dia mendengar pesan peringatan dari rekaman suara yang terdengar seperti suara otomatis perempuan, dikutip dari CNN, 26 Desember 2020. Betsy mengaku dia tidak akan mendengar pesan itu jika suara tembakan tidak membuatnya bangun.

Dia dan keluarganya pergi setelah suara dari RV (kendaraan rekreasi) mengatakan ada delapan menit tersisa sebelum ledakan. Mereka menuju ke seberang sungai dan menyaksikan dari tempat parkir stadion NFL kota.

Ketika waktu habis, mereka mulai kembali. Saat mereka berkendara di 2nd Avenue, mereka melihat ledakan itu, kata Williams.

"Bola apinya melesat melewati AT&T, di atas gedung AT&T. Semuanya berguncang. Itu ledakan yang hebat," katanya kepada pembawa berita CNN Anderson Cooper.

Penduduk lainnya mengatakan pemandangan mengerikan itu seperti film kiamat.

Tiga mobil terbakar. Pohon tumbang. Batu bata dan kaca ada dimana-mana. Jalan ini berada di tepi distrik pariwisata Nashville di bagian kota yang bersejarah.

Asap terlihat dari tempat ledakan rumah mobil di wilayah Second and Commerce di Nashville, Tennessee, AS, 25 Desember 2020.[Andrew Nelles/Tennesean.com/USA TODAY NETWORK via REUTERS]

Tiga orang terluka dalam ledakan pagi Natal itu, meski tidak ada yang kritis. Pihak berwenang mengatakan tidak pasti apakah ada orang di dalam kendaraan rekreasi itu ketika meledak, tetapi polisi melaporkan beberapa jam kemudian bahwa penyelidik telah menemukan kemungkinan potongan daging manusia di dekatnya, Reuters melaporkan.

Pejabat tidak memiliki informasi tentang apakah ada orang di dalam RV ketika meledak, menurut CNN.

Wali Kota Nashville John Cooper memerintahkan jam malam diberlakukan di sekitar lokasi ledakan selama liburan akhir pekan saat penyelidik FBI menyisir tempat kejadian, meskipun polisi mengatakan mereka tidak mengetahui adanya ancaman lebih lanjut terhadap kota terpadat di Tennessee.

Pihak berwenang tidak memberikan penjelasan tentang kemungkinan motif, dan tidak ada klaim tanggung jawab.

Tidak ada ancaman kredibel yang diketahui di daerah Nashville yang akan menandakan serangan yang akan datang pada atau sebelum Natal, sumber penegakan hukum federal mengatakan kepada CNN.

Sumber penegak hukum kedua mengatakan otoritas federal tidak mendengar adanya pembicaraan oleh kelompok ekstremis terkenal, yang mengindikasikan rencana untuk melakukan serangan di sekitar hari libur.

Sebuah kendaraan terbakar di dekat lokasi ledakan di area Second and Commerce di Nashville, Tennessee, AS, 25 Desember 2020. [Andrew Nelles / Tennessean.com / USA TODAY]

Ledakan itu terjadi beberapa saat setelah petugas menanggapi laporan tembakan di daerah tersebut dan menemukan kendaraan rekreasi yang diparkir di luar gedung AT&T di pusat kota Nashville sekitar pukul 6 pagi.

Polisi mendengar rekaman suara yang memperingatkan bahwa "bom akan meledak dalam 15 menit," Kepala Polisi Nashville John Drake mengatakan kepada wartawan.

Pesan tersebut, seperti ditangkap dalam rekaman yang disiarkan kemudian oleh stasiun berita televisi lokal, berbunyi: "Daerah ini harus dievakuasi sekarang. Daerah ini harus dievakuasi sekarang. Jika Anda dapat mendengar pesan ini, lakukan evakuasi sekarang. Jika Anda dapat mendengar pesan ini, evakuasi sekarang."

Petugas dengan cepat menyisir pintu ke pintu di gedung-gedung terdekat untuk membawa orang-orang ke tempat yang aman, dan meminta bantuan pasukan penjinak bom, yang sedang dalam perjalanan ke tempat kejadian ketika kendaraan meledak, kata juru bicara polisi Don Aaron.

Foto dari tangkapan rekaman CCTV rumah mobil rekreasi atau RV yang meledak di 2nd Ave N pada Jumat pagi, 25 Desember 2020. Mobil itu tiba di 2nd Ave pada 01:22 Jumat dini hari. Foto ini dirilis Departemen Kepolisian Metro Nashville.[Twitter @MNPDNashville]

Departemen Kepolisian Metro Nashville mengunggah foto kendaraan rekreasi di Twitter-nya dan mengatakan bahwa kendaraan tersebut telah tiba di daerah tersebut pada pukul 1:22 pagi.

Petugas pemadam kebakaran mengatakan tiga orang dibawa ke rumah sakit setempat dengan luka yang relatif ringan, dan saat ini dalam kondisi stabil. Pihak berwenang mengatakan tindakan cepat oleh polisi untuk mulai mengevakuasi daerah itu sebelum ledakan kemungkinan akan mencegah lebih banyak korban.

"Jelas, mereka mendengar peringatan yang berasal dari kendaraan ini," kata Aaron kepada wartawan. "Mereka menganggapnya serius. Dan berupaya untuk menutup jalan untuk melindungi orang dan kami pikir itu berhasil."

Toko-toko dan bangunan lain ditutup karena dini hari, liburan Natal, dan pembatasan Covid-19 yang berlaku pada pertemuan publik, juga membantu meminimalkan cedera akibat ledakan di Nashville.

Sumber:

https://edition.cnn.com/2020/12/25/us/nashville-explosion/index.html

https://www.reuters.com/article/us-tennessee-blast/motor-home-explodes-in-nashville-possible-human-remains-found-near-site-idUSKBN28Z0SB


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT