Wakil Presiden Brasil Positif Covid-19, Peluncuran Vaksin Corona Tidak Jelas
TEMPO.CO | 28/12/2020 14:30
Wakil Presiden Brasil, Hamilton Mourao, bertepuk tangan saat menghadiri upacara di Istana Planalto bersama Presiden Jair Bolsonaro, di Brasilia, Brasil, 9 November 2020.[REUTERS/Adriano Machado]
Wakil Presiden Brasil, Hamilton Mourao, bertepuk tangan saat menghadiri upacara di Istana Planalto bersama Presiden Jair Bolsonaro, di Brasilia, Brasil, 9 November 2020.[REUTERS/Adriano Machado]

TEMPO.CO, Jakarta - Wakil Presiden Brasil Hamilton Mourao positif Covid-19, menurut pengumuman kantornya pada Minggu ketika Brasil mencatat 344 kematian baru akibat Covid-19.

Mourao, wakil Presiden Jair Bolsonaro, adalah yang terbaru dalam barisan panjang pejabat senior Brasil yang tertular virus. Bolsonaro, seorang yang skeptis virus corona, terinfeksi virus ini pada Juli, dan sudah pulih.

Kantor Mourao mengatakan dia dinyatakan positif pada Minggu sore dan mengisolasi di Jaburu, kediaman resminya, dilaporkan Reuters, 28 Desember 2020.

Secara terpisah, kementerian kesehatan Brasil pada hari Minggu melaporkan bahwa Brasil mencatat 344 kematian baru Covid-19, dan 18.479 kasus virus corona baru.

Brasil sekarang memiliki hampir 7,5 juta kasus yang dikonfirmasi, dan total 191.139 kematian akibat virus corona sejak wabah dimulai, menurut angka kementerian kesehatan Brasil.

Bolsonaro mendapat kecaman karena penanganannya terhadap wabah tersebut. Baru-baru ini, dia mendapat tekanan atas peluncuran vaksin Brasil, yang masih kurang jelas di tengah pergolakan global untuk imunisasi.

Saat berjalan-jalan di Brasilia hari Sabtu, dia ditanya oleh wartawan apakah dia merasa tertekan atas kritik atas peluncuran vaksin yang lambat.

"Tidak ada yang menekan saya untuk apa pun, saya tidak peduli tentang itu," katanya dalam sebuah video yang ditayangkan di CNN Brasil.

Brasil telah menandatangani kesepakatan dengan perusahaan farmasi Cina, Sinovac Biotech, untuk memesan 46 juta dosis vaksin Covid-19 ke Brasil, CNN melaporkan.

Namun Vaksin Sinovac, CoronaVac, menjadi pokok perselisihan politik antara Presiden Jair Bolsonaro, yang dikenal dengan sikap anti-Cina, dengan gubernur Sao Paulo, Joao Doria, yang diperkirakan akan mencalonkan diri melawan Bolsonaro di pemilihan presiden berikutnya pada 2022.


Sumber:

https://uk.reuters.com/article/uk-health-coronavirus-brazil/brazil-vice-president-tests-positive-for-coronavirus-344-new-deaths-recorded-idUKKBN2910QS


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT