Jokowi Serahkan 584.407 Sertifikat Tanah untuk 26 Provinsi
TEMPO.CO | 05/01/2021 20:38
Presiden Joko Widodo membagikan sertifikat tanah untuk rakyat di Pengasih, Kulonprogo, DI Yogyakarta, Jumat, 30 Januari 2020. Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo membagikan sertifikat tanah untuk rakyat di Pengasih, Kulonprogo, DI Yogyakarta, Jumat, 30 Januari 2020. Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyerahkan 584.407 sertifikat tanah di 26 provinsi dan 273 kabupaten/kota, Selasa, 5 Januari 2021. Seremoni penyerahan dilakukan di Istana Negara, Jakarta Pusat, dengan dihadiri oleh sejumlah anggota masyarakat yang menjadi perwakilan penerima.

"Penyerahan sertifikat tanah ini adalah komitmen, yang sudah berulang kali saya sampaikan, komitmen pemerintah untuk terus mempercepat pensertifikatan tanah di seluruh Indonesia," kata Jokowi saat memberi sambutan.

Jokowi mengatakan target pemerintah untuk di 2020 adalah menyerahkan sebanyak 11 juta. Namun karena adanya pandemi, hanya 6,8 juta sertifikat yang dapat terealisasi. Meski begitu, Jokowi mengatakan hal tersebut harus tetap disyukuri.

Pasalnya, ia mengatakan sebelumnya, realisasi yang biasa terjadi hanya di kisaran 50 ribu sertifikat saja. Jadi sudah 12 kali lipat. Bahkan Jokowi yakin target bisa dipenuhi bila kondisi pandemi Covid-19 tak menyerang Indonesia.

"Saya yakin kalau keadaan normal bisa dilakukan. Karena yang sebelumnya-sebelumnya kita beri target 5 juta bisa lebih, ditarget 7 juta bisa lebih 8 juta," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan sertifikat tersebut merupakan bukti hak atas kepemilikan tanah. Ia meminta masyarakat penerimanya menjaga hal itu sebaik-baiknya. Ia mengatakan Kepala Badan Pertanahan Negara (BPN) Sofyan Djalil memprediksi program ini dapat selesai sepenuhnya pada 2025 mendatang.

"Tahun 2025 Insya Allah sudah sertifikat semuanya dipegang oleh masyarakat," kata Jokowi.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT