Jokowi: Pemulihan Ekonomi Kuncinya Investasi, Jangan Ada yang Hambat
TEMPO.CO | 06/01/2021 12:41
Presiden Joko Widodo didampingi jajaran menteri, meninjauKawasan Industri Terpadu Batang dan Relokasi Investasi Asing ke Indonesia di Kedawung, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Selasa, 30 Juni 2020. Dalam kunjungan tersebut, Presiden meninjau kesiapan penge
Presiden Joko Widodo didampingi jajaran menteri, meninjauKawasan Industri Terpadu Batang dan Relokasi Investasi Asing ke Indonesia di Kedawung, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Selasa, 30 Juni 2020. Dalam kunjungan tersebut, Presiden meninjau kesiapan pengembangan Kawasan Industri Terpadu Batang dengan luas lahan sekitar 4.000 hektare yang terintegrasi dengan jalan tol, stasiun, pelabuhan, dengan terdapat beberapa investor diantaranya dari Cina, Jepang, Korea, Taiwan, dan Amerika dengan tujuan untuk membuka lapangan pekerjaan. ANTARA/Harviyan Perdana Putra

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan bahwa investasi adalah kunci dari pemulihan ekonomi nasional di tengah keterpurukan akibat pandemi Covid-19 ini. Ia pun meminta agar seluruh jajarannya baik di pusat maupun daerah agar tak menghambat roda investasi di dalam negeri.

"Sekali lagi, meskipun ini sudah berulang-ulang kali saya sampaikan, agar jangan ada, baik itu kementerian dan pemda yang menghambat adanya investasi," kata Jokowi saat membuka Rapat Terbatas tentang Penanganan Pandemi Covid-19 dan Rencana Pelaksanaan Vaksinasi, di, Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu, 6 Januari 2021.

Jokowi mengatakan APBN tidak memungkinkan untuk mencakup seluruh pembangunan di Indonesia. Karena itu, ia menginstruksikan pada kementerian/lembaga, hingga pemda, agar memberikan pelayanan yang cepat dan baik kepada investasi.

"Untuk investasi besar saya titip agar ditangani sendiri oleh para bapak ibu gubernur sehingga betul-betul bisa direalisasikan di lapangan," kata dia.

Presiden mengatakan pemulihan ekonomi menjadi salah satu dari tiga strategi utama pemerintah dalam menangani pandemi ini, selain urusan penanganan kesehatan dan terkait perlindungan sosial

Ia mengajak semua pihak berusaha keras dan bekerja keras untuk mewujudkan hal ini. Terlebih, saat ini kondisi penyebaran virus ini yang terus memburuk tak hanya di Indonesia tapi juga di dunia.

EGI ADYATAMA

Baca juga: Jokowi: Indonesia Investment Authority Terobosan Pembiayaan Nasional


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT