DKI Cairkan Bansos Tunai ke 1,1 Juta Keluarga Mulai Pekan Ini
TEMPO.CO | 11/01/2021 17:50
Petugas PT Pos Indonesia menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada warga RW 05 di kawasan Kelurahan Kenari, Senen, Jakarta, Rabu, 6 Januari 2021. Pemerintah mulai menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) tahun 2021 untuk empat bulan kedepan senilai Rp30
Petugas PT Pos Indonesia menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada warga RW 05 di kawasan Kelurahan Kenari, Senen, Jakarta, Rabu, 6 Januari 2021. Pemerintah mulai menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) tahun 2021 untuk empat bulan kedepan senilai Rp300 ribu per Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang diberikan secara langsung kepada warga melalui petugas PT Pos Indonesia dan bank-bank milik negara. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

TEMPO.CO, Jakarta - Pemerintah DKI Jakarta menyatakan bakal mendistribusikan bantuan sosial atau bansos tunai melalui Bank DKI mulai pekan ini. "BST pemprov baru akan diberikan pekan ini," kata Sekretaris Perusahaan Bank DKI Herry Jufraini melalui pesan singkat, Senin, 11 Januari 2011.

Ia menuturkan pendistribusian yang bakal diberikan dari Pemerintah DKI mewajibkan seluruh penerima menggunakan aturan dan layanan perbankan. pendistribusian bantuan sosial atau bansos tunai bakal dilakukan dengan dua skema.

Bansos tunai yang diberikan Pemerintah DKI kepada 1,1 juta kepala keluarga akan diberikan melalui rekening Bank DKI. Sedangkan bansos tunai yang diberikan Kementerian Sosial kepada 750 ribu kepala keluarga yang terdampak pandemi Covid-19 bakal disalurkan melalui PT Pos Indonesia.

Baca juga: DPRD DKI Sebut Bansos Covid-19 Tunai Belum Bisa Dicairkan Bulan Ini, Ada Apa?

Berdasarkan surat dari Dinas Sosial DKI, bantuan langsung tunai atau BLT dari Kemensos bakal diberikan untuk warga di Jakarta Pusat, Jakarta Utara Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

"Nominal bantuan dari Kemensos juga Rp 300 ribu per bulan," katanya. Bantuan sosial dari Kemensos dan DKI bakal diberikan selama empat bulan.

Pemerintah bakal mendistribusikan kartu ATM Bank DKI untuk penyaluran bantuan langsung tunai di sejumlah sekolah negeri di Ibu Kota. "Distribusi kartu ATM BST akan dilaksanakan mulai Januari 2021 di sekolah dasar hingga menengah atas yang berada di bawah Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta," ujarnya.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT