Satpol PP Gelar Razia: Ternyata Kedisiplinan Protokol Kesehatan Warga Mengendor
TEMPO.CO | 12/01/2021 18:25
Ilustrasi Satpol PP / Satuan Polisi Pamong Praja. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah
Ilustrasi Satpol PP / Satuan Polisi Pamong Praja. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

TEMPO.CO, Jakarta -Kepala Satuan Polisi Pamong Praja disingkat SatpolĀ PP DKI Jakarta Arifin melihat tingkat kedisiplinan warga dalam menerapkan protokol kesehatan semakin menurun.

Hal itu terlihat dari hasil operasi tertib masker (Tibmask) yang dilakukan Satpol PP DKI di kawasan Senen, Jakarta Pusat pada Selasa, 12 Januari 2021.

"Penilaian sementara kami memang tingkat kedisiplinan warga semakin kendor," kata Arifin saat dihubungi, hari ini, Selasa, 12 Januari 2021.

Baca juga : Hari Pertama PPKM Wali Kota Bogor Bima Arya Langsung Gelar Patroli di Kota Bogor

Arifin menyaksikan sendiri banyak warga di sejumlah blok Pasar Senen yang menjadi sasaran operasi tidak menggunakan masker. Bahkan sebagian orang hanya membawa masker, tapi tidak dipakai. "Sebagian lagi cuma dipakai di leher."

Menurut Arifin, usaha pemerintah selama ini dalam menanggulangi penularan Covid-19 akan sia-sia jika masyarakat masih abai terhadap protokol 3M, yakni menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

Ia memahami bahwa sebagian masyarakat sudah cukup jenuh dengan pandemi yang berkepanjangan. Namun, penanganan wabah ini bakal semakin panjang jika masyarakat masih abai.

"Pandemi ini memang kami tidak tahu sampai kapan akan berakhir, tapi kami sangat berharap warga mau patuh terhadap protokol kesehatan," tuturnya.

Adapun saat razia di Pasar Senen hari ini, Arifin menjaring 51 orang yang tidak menggunakan masker. Sebanyak 50 orang dihukum membersihkan fasilitas umum dan satu orang lainnya membayar denda Rp 250 ribu. "Kami akan berusaha meningkatkan operasi yustisi ini."

IMAM HAMDI


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT