Selain MotoGP, 4 Agenda Internasional Juga Digelar di KEK Mandalika pada 2021
TEMPO.CO | 16/01/2021 18:05
Foto udara bentuk salah satu tikungan lintasan sirkuit saat pengerjaan lapisan atas badan jalan Mandalika MotoGP Street Circuit,  di The Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Ahad, 20 Desember 2020. Saat ini konstruksi Jalan Kawasan Khusus (JKK) ya
Foto udara bentuk salah satu tikungan lintasan sirkuit saat pengerjaan lapisan atas badan jalan Mandalika MotoGP Street Circuit, di The Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Ahad, 20 Desember 2020. Saat ini konstruksi Jalan Kawasan Khusus (JKK) yang dapat berfungsi sebagai sirkuit jalanan MotoGP ditargetkan rampung pada Juni 2021. ANTARA /Ahmad Subaidi

TEMPO.CO, Jakarta – Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika akan menjadi lokasi pergelaran lima agenda pariwisata berskala internasional pada 2021. Selain MotoGP, kompetisi olahraga wisata seperti Superbike, Iron Man, L'etape Indonesia, dan Rinjani 100 akan dilaksanakan di destinasi super prioritas ini.

“Mandalika memang kami siapkan untuk menjadi destinasi sport tourism, kemudian beberapa event lainya dengan konsep olahraga sambil menikmati alam,” ujar Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar Mansoer alias Barry dalam keterangannya pada Sabtu, 16 Januari 2021.

Barry menjelaskan, Kementerian Pemuda dan Olahraga telah memberi restu pembangunan fasilitas olahraga pariwisata di KEK Mandalika. Karena itu, ITDC berencana menyiapkan pelbagai sarana seperti lintasan lari di sekitar titik wisata tersebut.

Di samping itu, ITDC akan membangun lapangan golf dan spot parasailing.  “Intinya Mandalika siap memfasilitasi gelaran sport tourism yang digelar di Indonesia,” ujarnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno telah melakukan uji coba olahraga triathlon di KEK Mandalika. Olahraga triathlon merupakan rangkaian kompetisi yang meliputi renang, lari, dan bersepeda yang dilakukan dalam satu waktu.

Sandiaga menjajal titik renang sejauh 500 meter di Pantai Tanjung Aan, dilanjutkan dengan bersepeda sejauh 7,5 kilometer di area Mandalika, dan olahraga lari sejauh 2,5 kilometer di kawasan Pantai Kuta, Lombok. Sandiaga menyebut uji coba olahraga di Mandalika ini merupakan bagian dari persiapan untuk menyambut agenda internasional.

“Ini adalah tempat yang sangat layak sebagai lokasi sport tourism. Kami mengajak komunitas-komunitas berkoordinasi dengan ITDC untuk mulai menyusun event-nya sepanjang tahun ini menjelang perhelatan MotoGP Mandalika,” kata Sandiaga.

Baca: Sambut MotoGP Mandalika, Kini Pantai Mawun dan Selong Belanak Punya Toilet Layak

FRANCISCA CHRISTY ROSANA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT