Buntut Minta Anies Baswedan Mundur, Ketua DPC Gerindra Kena Tegur Wagub DKI
TEMPO.CO | 26/01/2021 22:31
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria saat memberikan keterangan pers di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, pada Jumat, 22 Januari 2021. Tempo/Adam Prireza
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria saat memberikan keterangan pers di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, pada Jumat, 22 Januari 2021. Tempo/Adam Prireza

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua DPC Gerindra Jakarta Timur Ali Lubis mendapat teguran setelah dia meminta Gubernur DKI Anies Baswedan mundur lewat cuitannya di Twitter. 

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, yang juga Ketua DPD Partai Gerindra Jakarta mengatakan Ali Lubis telah diberi teguran. Riza Patria mengatakan kritik terhadap gubernur yang diusung Gerindra dan PKS tersebut sebaiknya disampaikan secara internal.

“Kami tegur bahwa kritik boleh, tetapi disampaikan secara internal. Memberi masukan boleh, tidak perlu ke publik,” kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta pada Selasa, 26 Januari 2021.

Wagub DKI tersebut mengatakan hingga saat ini sikap Partai Gerindra adalah mendukung kepemimpinan Anies dan dirinya hingga masa jabatan mereka habis. Menurut dia, seluruh kader partai harus memahami hal tersebut.

“Kami masih terus mendukung Anies-Sandi dan sekarang Anies-Ariza (Ahmad Riza Patria). Tugas kami sebagai partai mengawal, di DPRD, pemerintahan, dan masyarakat agar program Anies-Sandi, Anies-Ariza, dapat diselesaikan dengan baik,” ucap Riza Patria.

Ali Lubis melontarkan kritikan terhadap Anies Baswedan berkaitan dengan penanganan Covid-19 di Ibu Kota. Ia mengkritik dan meminta Anies mundur dari jabatannya. Pernyataan itu ia sampaikan lewat cuitan di akun Twitternya @AliLubisACTA pada 22 Januari 2021.

Ketua Fraksi Partai Gerindra di DPRD DKI Jakarta Rani Mauliani mengatakan bahwa pernyataan Ali bersifat pribadi. “Pernyataan Pak Ali secara pribadi, bukan pandangan ataupun instruksi dari partai. Tanggung jawab statement yang diucapkan Pak Ali menjadi tanggung jawab dirinya sendiri. Tidak ada kaitan dengan Fraksi Partai Gerindra,” kata Rani, Senin. 

Buntut dari cuitan Ali Lubis itu, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco bersama Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerindra Habiburokhman menemui Wagub DKI Riza Patria pada Senin, 25 Januari 2021.

Baca juga: Ketua DPC Gerindra Minta Anies Baswedan Mundur, PKS: Silakan Bandingkan

Habiburokhman telah memberikan arahan secara langsung kepada Ali Lubis terkait cuitan minta Anies Baswedan mundur. “Dengan secara lisan, bahwa sebagai ketua DPC tidak boleh menyatakan pendapat pribadi tanpa koordinasi dengan partai karena menyangkut hal yang prinsipil,” ucap Dasco.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT