Penularan Lokal Covid-19 Nol, Australia Relaksasi Aturan
TEMPO.CO | 27/01/2021 11:30
Fasilitas tes Covid-19 drive-through saat negara bagian Victoria mengalami lonjakan kasus wabah virus corona, di Melbourne, Australia, 25 Juni 2020. [AAP / Daniel Pockett via REUTERS]
Fasilitas tes Covid-19 drive-through saat negara bagian Victoria mengalami lonjakan kasus wabah virus corona, di Melbourne, Australia, 25 Juni 2020. [AAP / Daniel Pockett via REUTERS]

TEMPO.CO, Jakarta - Australia sampai Rabu, 27 Januari 2021, sudah 10 hari berturut-turut tidak ada kasus positif Covid-19 yang ditularkan antar masyarakat lokal. Kondisi ini membuat negara bagian New South Wales (NSW) melonggarkan aturan pengendalian penyebaran wabah virus corona.

 

NSW mencatatkan nol penularan lokal virus corona dalam 10 hari terakhir. Sejak awal Januari 2021, di wilayah itu angka infeksi virus corona di sana hanya satu digit. Sedangkan di wilayah dan negara bagian lain, akan melaporkan kasus harian pada Rabu, 27 Januari 2021, waktu setempat. Laporan yang akan disampaikan tersebut diperkirakan nol penularan lokal infeksi virus corona.

Orang-orang mengantre di klinik pengujian penyakit virus corona (COVID-19) di Rumah Sakit Mona Vale setelah wabah baru corona terdeteksi di daerah Pantai Utara Sydney, Australia, 18 Desember 2020. [REUTERS / Loren Elliott]

Baca juga: Ada Kasus Baru Covid-19, Travel Bubble Australia dan Selandia Baru Ditangguhkan 

Selama beberapa bulan terakhir, beberapa negara bagian lain di Australia dan territorial sudah bebas dari virus corona.

 

Australia terbilang sukses mengatasi pandemi Covid-19. Sejak Maret 2020, total ada 22 ribu penularan lokal virus corona dan 909 pasien Covid-19 berakhir dengan kematian.

 

Sedangkan kasus infeksi virus corona secara global hampir menembus 100 juta kasus. Kematian akibat Covid-19 total diseluruh dunia sudah menyentuh angka 2 juta orang.

 

Perdana Menteri NSW Gladys Berejiklien mengumumkan relaksasi aturan akan dilakukan pada Jumat, 29 Januari 2021. Diantara aturan yang dilonggarkan itu adalah penggunaan masker dan mulai mengizinkan masyarakat melakukan acara kumpul-kumpul di rumah, membolehkan resepsi pernikahan, acara pemakaman dan kegiatan ibadah yang dihadiri jamaah.    

       

Aturan yang ketat untuk mencegah penyebaran virus corona, diberlakukan pada akhir tahun lalu di wilayah-wilayah pantai di Sydney dan area pinggir di barat Australia. Wabah virus corona telah membuat Australia menutup area perbatasan dan memperketat lalu-lintas ke NSW, yang dikenal padat penduduk.    

 

 

 

Sumber: https://www.reuters.com/article/us-health-coronavirus-australia/australia-set-for-10th-day-of-no-local-covid-19-cases-idUSKBN29W02P


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT