Masyarakat Sumbar Kirim 340 Kilogram Rendang untuk Pengungsi Gempa Sulbar
TEMPO.CO | 28/01/2021 13:24
Sejumlah pekerja mencari sisa puing bangunan sekolah SMK 1 Rangas yang roboh pasca gempa bumi di Mamuju, Sulawesi Barat, Selasa, 26 Januari 2021. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulbar  menyatakan sebanyak 117 sekolah rusak akibat dampak gempa bumi  Magni
Sejumlah pekerja mencari sisa puing bangunan sekolah SMK 1 Rangas yang roboh pasca gempa bumi di Mamuju, Sulawesi Barat, Selasa, 26 Januari 2021. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulbar menyatakan sebanyak 117 sekolah rusak akibat dampak gempa bumi Magnitudo 6,2 yang terjadi pada 15 Januari lalu. ANTARA FOTO / Akbar Tado

TEMPO.CO, Jakarta - Masyarakat Sumatera Barat melalui Bulan Sabit Merah Indonesia, organisasi bidang kemanusiaan, mengirimkan bantuan 340 kilogram rendang untuk para pengungsi gempa Sulawesi Barat.

Sekretaris Umum BSMI Sumatera Barat Heni Fitria mengatakan, ide berangkat dari kebutuhan makanan siap saji dan tahan lama di tempat pengungsian.

"Rendang dipilih karena sifatnya tahan lama dan makanan ini bisa diterima oleh kebanyakan masyarakat Indonesia," kata Heni dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 28 Januari 2021.

Hani menuturkan, pada masa bencana sangat sulit mendapatkan air bersih, peralatan masak yang minim, dan dapur umum belum bisa dimaksimalkan. Sehingga, makanan siap saji merupakan solusi mengatasi permasalahan logistik.

Baca juga: Basarnas Catat Ada 84 Korban Meninggal Gempa Sulbar

Bantuan ini, kata Heni, dicetuskan pertama kali oleh beberapa pengurus Ikatan Ahli Boga (Ikaboga) Padang yang terdiri dari wakil berbagai organisasi, termasuk BSMI Sumbar.

"Dengan peran berbagai organisasi dan pemerintah daerah seperti Pemkot Padang, Padang TV, gebu minang, UPI maka terkumpul 340 kilogram untuk saudara kita di Sulawesi Barat," katanya.

Rendang bantuan ini dikirimkan pada Rabu, 27 Januari 2021 dari Bandara Internasional Minangkabau Padang, dengan pesawat Boieng A 7302 milik TNI Angkatan Udara. Bantuan kemudian transit di Bandara Halim Perdanakusuma untuk digabungkan dengan bantuan dan logistik lain untuk Sulawesi Barat.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT