Presiden Lithuania Dikabarkan Nominasikan Ketua Oposisi Belarus Dapat Nobel
TEMPO.CO | 31/01/2021 13:58
Sviatlana Tsikhanouskaya. REUTERS
Sviatlana Tsikhanouskaya. REUTERS

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Lithuania Gitanas Nauseda mencalonkan ketua oposisi Belarus Sviatlana Tsikhanouskaya untuk mendapatkan penghargaan Nobel bidang perdamaian. Informasi itu dibocorkan oleh dua sumber pada Sabtu, 30 Januari 2021, yang mengetahui perihal ini.  

 

Sumber tersebut mengatakan Presiden Nauseda menominasikan Tsikhanouskaya sebagai bentuk dukungan pada gerakan demokratik Belarusia dan tuntutan bagi pemilu yang bebas. Tsikhanouskaya tinggal di Lithuania sejak dia melarikan diri dari kampung halamannya menyusul sengketa pemilu Presiden pada 9 Agustus 2020.

Baca juga: Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Peraih Nobel dan Artefak Sriwijaya

Penghargaan Nobel.[www.independent.ng]

 

Selama berbulan-bulan, Belarus dikecamuk unjuk rasa setelah mantan Presiden Alexander Lukashenko mengklaim kemenangan terhadap lawannya Nauseda – yang menjadi Presiden Lithuania saat ini.   

 

Dalam unjuk rasa itu, ribuan demonstran ditangkapi dan hampir semua tokoh politik oposisi diasingkan atau dijebloskan ke penjara.

  

Tsikhanouskaya adalah mantan guru. Dia mencalonkan diri sebagai Presiden Lithuania setelah suaminya ditahan menjelang pemilu.

 

Tsikhanouskaya juga menuntut agar mantan Presiden Lukashenko mengundurkan diri, pembebasan demonstran yang ditahan dan menyelenggarakan pemilu. Pada akhir pekan lalu, Tsikhanouskaya mendesak Uni Eropa dan Amerika Serikat agar bersikap berani dan tegas dalam segala tindakannya untuk membantu mengakhiri kekuasaan mantan Presiden Lukashenko.

 

Tsikhanouskaya dicalonkan untuk mendapatkan hadiah Nobel perdamaian, yang masa penominasiannya akan ditutup pada 31 Januari 2021. Sedangkan pemenang Nobel bidang perdamaian akan diumumkan pada November 2021.      

 

Ribuan orang boleh diajukan untuk mendapatkan penghargaan ini, termasuk anggota parlemen, mantan pemenang Nobel sebelumnya dan akademisi terkemuka. Pada akhir pekan lalu, Nobel bidang perdamaian dimenangkan oleh WFP, yakni sebuah badan PBB bidang pangan.  

    

 

 

Sumber: https://www.reuters.com/article/us-nobel-prize-tsikhanouskaya/lithuanian-president-nominates-belarus-opposition-leader-for-nobel-prize-sources-idUSKBN29Z0S3


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT