Jerman Beli Vaksin Virus Corona untuk Tahun 2022
TEMPO.CO | 31/01/2021 15:30
Suasana perawatan pasien virus Corona dengan gejala parah di Hanau, Jerman, 16 April 2020. Peta penyebaran COVID-19 per 17 April 2020 pagi mencatat, jumlah kasus virus Corona di seluruh dunia mencapai 2.158.250 kasus. REUTERS/Kai Pfaffenbach
Suasana perawatan pasien virus Corona dengan gejala parah di Hanau, Jerman, 16 April 2020. Peta penyebaran COVID-19 per 17 April 2020 pagi mencatat, jumlah kasus virus Corona di seluruh dunia mencapai 2.158.250 kasus. REUTERS/Kai Pfaffenbach

TEMPO.CO, Jakarta - Jerman membeli vaksin virus corona untuk kebutuhan 2022. Pembelian itu untuk berjaga-jaga (stok) atau menambal jumlah dosis yang dibutuhkan agar masyarakat Jerman tetap imun atau kebal terhadap varian baru Covid-19.

 

Menteri Kesehatan Jerman Jens Spahn pada Sabtu, 30 Januari 2021 mengatakan pihaknya membuat kemajuan dalam program suntik vaksin virus corona. Sekarang ini sudah 2,3 juta masyarakat Jerman mendapat suntik vaksin virus corona dari total populasi 83 juta jiwa.

Baca juga: Virus Corona di Jerman Tembus 2 Juta Kasus 

Negara-negara Eropa menghadapi kritik atas suplai dan produksi vaksin dari produsen vaksin AstraZeneca, Pfizer dan Moderna, yang memangkas jumlah vaksin yang dikirim. Banyak yang iri dengan cepatnya program imunisasi vaksin virus corona di Inggris, Israel dan Amerika Serikat.    

 

Jerman adalah negara dengan perekonomian terbesar di Eropa. Negara itu terseok-seok saat lockdown kedua diberlakukan pada November 2020.

 

“Kami sebenarnya sekarang memasuki pembelian vaksin untuk 2022, setidaknya untuk mendapatkan beberapa dosis. Siapa tahu kami membutuhkan sebuah dorongan. Dengan kapasitas produksi yang sekarang diperpanjang, kami akan membeli vaksin untuk berjaga-jaga. Kalau kami tidak membutuhkannya, itu bagus. Namun kalau butuh, setidaknya kami sudah punya (stok),” kata Spahn.

Petugas medis memindahkan pasien virus Corona di Rumah Sakit Umum Mexico City, Meksiko, 23 April 2020. Lima negara dengan kasus Corona tertinggi saat ini yaitu, Amerika Serikat, Spanyol, Italia, Prancis, dan Jerman. REUTERS/Gustavo G 

Beberapa pemerintah di negara bagian di Jerman menyalurkan kritik ke pemerintah federal pada Sabtu, 30 Januari 2021 menjelang dilakukan pertemuan gugus tugas imunisasi virus corona. Rapat yang akan diselenggarakan pada Senin, 1 Februari 2021, dihadiri oleh gugus tugas imunisasi virus corona dengan perusahaan farmasi serta delegasi Uni Eropa.

 

Perdana Menteri Bavaria Markus Soeder menyorongkan proposal aturan baru, agar memungkinkan negara bagian memiliki lebih banyak suara dalam mengarahkan suplai vaksin-vaksin virus corona, terutama bagi mereka yang amat membutuhkan.          

 

 

 

 

Sumber: https://www.reuters.com/article/us-health-coronavirus-germany/germany-is-already-ordering-vaccines-for-2022-minister-says-idUSKBN29Z0QD


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT