BPBD Jawa Barat Minta Bodebek Waspadai Cuaca Ekstrem Hingga 6 Februari
TEMPO.CO | 04/02/2021 17:31
Ilustrasi hujan es. euronews.com
Ilustrasi hujan es. euronews.com

TEMPO.CO, Bandung -Kepala Pelaksana Harian BPBD Jawa Barat Dani Ramdan mengatakan, lima daerah di Bodebek diminta waspadai cuaca ekstrim.

“Berdasarkan informasi dari BMKG  di daerah itu berpotensi terjadi hujan yang cukup tinggi hingga 6 Februari 2021 nanti,” kata dia, dikutip dari rilis, Kamis, 4 Februari 2021. 

Lima daerah tersebut adalah Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, dan Kota Depok. “Kami sudah mengirim surat agar daerah itu siaga, mengantisipasi bencana hidrometeorologi,” kata Dani.

Dani mengatakan, lima daerah Bodebek itu sengaja diingatkan secara khusus. “Peringatan itu kami tujukan hanya kepada pemerintah daerah yang dipandang berisiko tinggi. Namun tentunya, kami tetap mengimbau agar seluruh masyarakat tetap waspada  terutama yang melakukan perjalanan dan wisata,” kata dia.

Baca juga : PVMBG Naikkan Radius Ancaman Bahaya Erupsi Gunung Semeru Jadi 5 Kilometer

Dani mengatakan, pemerintah provinsi Jawa Barat sudah meminta daerah untuk menyiagakan alat berat untuk mengantisipasi bencana dari cuaca ekstrem.

“BPBD Jabar sudah berkoordinasi dengan daerah terutama Dinas PU masing-masing agar menyiagakan alat berat sampai bulan Mei nanti, termasuk kesiagaan di kawasan wisata alam,” kata dia.

AHMAD FIKRI


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT